Lihat ke Halaman Asli

Kati Nuraini

SDN 009 Tenggarong Seberang

Budaya Positif Modul 1.4

Diperbarui: 5 Maret 2023   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Laporan Hasil Aksi Nyata Modul 1.4 - Budaya Positif

Penerapan Budaya Positif di Sekolah dengan Keyakinan Kelas

 Kati Nuraini,S,E CGP Angkatan 7

SDN 009 Tenggarong Seberang – Kukar – Kaltim

A. Latar Belakang

Budaya positif akan menimbulkan rasa aman dan nyaman pada murid dalam proses pembelajaran. Budaya positif juga dapat mendorong murid untuk mampu berfikir ,bertindak  dan mencipta proses memerdekakan dirinya sehingga murid lebih mandiri.

Sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara “Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak (alam & zaman) agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

B.Tujuan

  • Menciptakan murid yang merdeka disiplin diri yang  kuat.
  • Menumbuhkan Budaya Positif di Sekolah dengan meyakini nilai-nilai Kebajikan Universal.

C. Tolak Ukur

  • Terbentuknya “keyakinan Kelas” melalui kegiatan kesepakatan kelas yang dilakukan wali kelas dan siswa.
  • Siswa mampu menerapkan dan menjelaskan”Keyakinan Kelas” yang telah dibuat.

D. Linimasa Tindakan Yang Akan Dilakukan

  • Menghadap Kepala Sekolah untuk menjelaskan pentingnya penanaman Budaya Positif & Keyakinan Kelas di sekolah, serta meminta izin untuk mendiseminasikan bersama rekan guru.
  • Mengumpulkan rekan guru untuk melakukan diseminasi pemahaman materi Budaya Positif (Keyakinan Kelas dan Segitiga Restitusi).
  • Berkolaborasi dan berkoordinasi dengan wali kelas untuk membuat keyakinan kelas di kelas masing-masing.
  • Memantau, merefleksi, dan mengevaluasi keyakinan kelas yang telah dibuat.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline