Lihat ke Halaman Asli

Fesyen Muslim sebagai Budaya Pop

Diperbarui: 9 Maret 2021   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

woke.id

Hay sobat! Belakangan ini hampir sebagian besar industri fesyen Indonesia saat ini dipenuhi tema fesyen khusus muslim. Hal ini juga hasil dari pengaruh yang dibawa oleh perkembangan media, lebih khusus peran dari media sosial dan keberadaan Indonesia dengan penduduk muslim terbanyak. fesyen menjadi salah satu produk yang dibutuhkan oleh kelompok atau komunitas muslim. 

 Fesyen sangat menarik untuk dibahas, karena model fesyen akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Ada banyak hal yang dapat kita kaji dari perkembangan fesyen muslim saat ini.

Berhubungan dengan budaya populer, saya akan mengkaji dengan menggunakan teori circuit of culture atau sirkuit budaya yang dikembangkan oleh Stuart Hall. Produksi merupakan salah satu dari lima elemen circuit of culture (produksi, konsumsi, representasi, regulasi dan identitas). Dari kelima elemen ini mempunyai kaitan dengan pola yang tidak pasti. Elemen dalam circuit of culture dalam hal  ini produksi tidak terpisahkan dengan isu-isu dari identitas, representasi, regulasi, dan konsumsi. 

Apabila kita mengacu pada teori circuit of culture atau teori sirkuit budaya Stuart Hall, dalam pembentukan identitas melalui fesyen, produksi adalah unsur penting. Hal ini dikarenakan saat ini tren fesyen yang sedang berkembang diproduksi oleh desainer-desainer ternama. Tentu saja tidak hanya bernilai tinggi tetapi juga fesyen tersebut dibuat dengan model eksklusif dan harga yang cukup mahal, sehingga tidak heran jika target pasar yang dituju adalah masyarakat kelas menengah ke atas.

Mereka rela mengeluarkan budget cukup besar untuk membeli satu busana muslim dari desainer ternama. Disamping memenuhi kebutuhan busana, tren ini juga cerminan identitas budaya pop dalam fesyen muslim kelas mengah yang konsumtif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline