Lihat ke Halaman Asli

katharina ika

Mahasiswa

Model Pembelajaran Kelompok yamg Menyenangkan

Diperbarui: 4 Desember 2023   01:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian kegiatan penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum ,sedang,dan sesuda pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.Peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.Pasal 1 yang dimaksud dengan pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik dan antar dan peserta didik lain dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.Pasal 2 ayat 1 yaitu pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas dengan karakteristik.Pasal 2 ayat 2 yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan strategi,model,dan metode yang mengacu pada karakteristik sebagaimana dimaksud pada ayat 1.

Model pembelajaran kelompok adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu  kelompok kecil untuk saling berinteraksi.Menurut Rusman( 2011:202)pembelajaran kooperatif (cooperativ learning)merupakan bentuk pembelajaran dangan cara siswa belajar dan bekerja dalam page 29 kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdidri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen.Bern dan Erikcson (2001:5)cooperative learning (pembelajaran kooperatif)merupakan strategi pembelaajaran dengan menggunakan kelompok belajar kecil dimana siswa bekerja sama untuk mencapai tujuan belajar.Kauchat dan Eggen dalam azizah (1998) "cooperative learning merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja secara kolaboratif dalam mencapai tujuan."

Model pembelajaran contohnya pada pembelajaran fisika untuk materi"energi dan macam-macamnya".Guru membuat ilmu kelompok kecil yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 4-5 orang peserta didik,kemudian memberikan awalan berupa ulasan materi yang akan dibahas,yaitu energi kinetik,energi potensial,hukum kekekalan energi,energi mekanik dan perubahan energi.Masing-masing kelompok diberikan satu submateri untuk didiskusikan dengan anggotanya setelah selesai didiskusikan setiap perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya dikelas,sementara itu kelompok lain diberikan juga kesempatan untuk bertanya,dan gurunya memberikan penilaian.

Menurut saya model pembelajaran kelompok yang menyenangkan memiliki tujuan untuk menciptakan keaktifan serta keterlibatan semua peserta didik dalam pembelajaran.Serta melatih peserta didik untuk bijak dalam menerima perbedaan peserta didik lain.Namun model pembelajaran kelompok memiliki kekurangan seperti peserta didik yang memiliki kekurangan seperti peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan lebih tinggi berpotensi mengakibatkan temannya yang dianggap dibawahnya,serta jika tidak diarahkan dengan baik peserta didik bisa mengalami kesulitan dalam memahami materi secara komperensif.

     




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline