Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Omong Kosong tentang Ide Besar Mengubah Negeri

Diperbarui: 18 Agustus 2020   06:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. kompasiana.com

Katedrarajawen  _Tak perlu ide besar untuk mengubah kondisi sebuah negeri. Tak butuh pemimpin besar pula, mengubah sebuah negeri menjadi besar. 

Sebuah perubahan besar, hanya membutuhkan setiap rakyatnya memiliki keinginan besar untuk mengubah dirinya menjadi baik. 

Ada keinginan besar untuk membajak diri, sehingga mampu mengubah diri menjadi insan yang berbudi pekerti, beretika dan memiliki moralitas. 

Jangan bermimpi mengubah sebuah negeri menjadi besar, bila setiap rakyat tak mau mengubah dirinya menjadi orang besar. 

Besar dalam arti berjiwa besar, semangatnya besar,  harapannya besar atau besar kepercayaannya. Bukan manusia kerdil yang hanya memikirkan  kepentingan diri atau kelompoknya. 

Seringkali kita hanya mau menuntut pemimpin untuk melakukan hal-hal besar untuk mengubah negeri ini. Namun dengan jiwa yang kerdil kita mengkritik, menghujat, dan bahkan menghina. 

Kita tidak pernah menuntut diri kita untuk melakukan  perubahan besar pada diri sendiri, padahal menyadari diri sendiri juga adalah seorang pemimpin. 

Diri kita sejatinya menjadi pemimpin untuk memimpin diri sendiri  berubah, sehingga perubahan kita mampu mengubah orang terdekat. Dalam hal ini keluarga. 

Orang-orang di sekeliling atau di lingkungan hidup kita adalah selanjutnya. Begitu seterusnya ke area yang lebih besar. 

Bayangkan, bila setiap dari kita memiliki konsep hidup yang sederhana ini, yaitu ada kemauan untuk mulai mengubah sendiri terlebih dahulu. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline