Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Mengandalkan Tuhan

Diperbarui: 29 Mei 2018   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Tidak salah memang percaya diri dalam mengambil keputusan dan menentukan jalan hidup. Sebab Tuhan memang telah memberikan kemampuan untuk berpikir dan memutuskan perkara. Apalagi merasa diri memiliki kepintaran yang lebih.

Dalam kepintaran yang ada, memutuskan masalah dan perkara mengandalkan logika dan pengalaman itu adalah hal yang lumrah. Tetapi karena terlalu mengandalkan logika dan pengalaman tak jarang membuat lupa, bahwa ada yang lebih berkuasa.

Sekali lagi, mengandalkan kemampuan dan  potensi yang ada pada diri tidaklah salah. Namun apa yang menurut logika dan pengalaman adalah yang terbaik tidak akan selalu demikian pada akhirnya.

Ada hal-hal yang tidak terjangkau oleh pikir dan belum tentu setiap pengalaman akan berguna pada kasus yang lain dan waktu atau keadaan yang berbeda. Ini yang sering terlupa.

Untuk itulah dalam setiap hal dan perkara mengijinkan ikut campur Tuhan adalah pilihan yang terbaik dan bijaksana. Ini juga akan mengajarkan sikap kerendahan hati. Sebab ketika dapat mengatasi masalah dan mencapai keberhasilan, maka itu semua adalah semata-mata merupakan kehendak Tuhan.

Ketika Tuhan yang membuka jalan dan menentukan seringkali yang yang terjadi adalah di luar jangkauan pemikiran. Pada saat itulah akan muncul rasa takjub yang tak terkira akan Kuasa-Nya.


||Pembelajarandarisebuahperistiwa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline