Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Aman dan Nyaman Beraktivitas di Musim Hujan

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Uh, repot! Mungkin itu reaksi pertama kita ketika memasuki musim penghujan. Terutama bagi kita yang setiap harinya harus berangkat kerja pagi-pagi dengan menggunakan transportasi motor.

Hujan memang menjadi merepotkan perjalanan, sehingga telat sampai ke tempat kerja tak terhindarkan. Selain itu baju basah dan sepatu pun menjadi kendala.

Namun kalau kita sebelumnya sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin ketika musim hujan tiba, maka tidak ada alasan untuk telat masuk kerja. Kecuali ada hal di luar kendali. Banjir misalnya.

Selain itu bagi kita yang aktivitasnya lebih banyak di luar di musim hujan memang akan terjadi kendala. Tapi sekali lagi bila kita sudah mempersiapkan diri dengan baik, maka masalah yang ada dapat di atasi.

Selama bertahun-tahun jadi salesman tentu saya sudah merasakan berkali-kali musim hujan namun tetap bisa aman dan nyaman melalui semuanya. Aktivitas lancar dan keselamatan terjaga.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan menghadapi musim penghujan sebagai seorang pekerja yang lebih banyak beraktivitas dengan kendaraan bermotor.

1. Kondisi Kendaraan



Hal yang terpenting saat musim penghujan adalah menjaga kondisi kendaraan dalam prima, agar perjalanan aman dan nyaman. Betapa merepotkannya andai di tengah perjalanan sepeda motor mogok.

Servis rutin itu sudah pasti. Periksa kondisi busi. Bila pengapian sudah kurang bagus, lebih baik ganti yang baru.

Cek kondisi ban. Karena ini sangat penting dimana saat musim hujan kondisi jalan licin, maka cengkeraman menjadi berkurang. Apalagi kalau kembangnya sudah banyak haus. Bila sudah tidak memadai, tak perlu ragu mengganti dengan yang baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline