Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Kebenarannya, Tidak Ada Kebaikan yang Sia-sia!

Diperbarui: 24 Juni 2015   18:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Terlepas dari sebuah niat untuk berbuat baik, tidaklah ada yang sia-sia. Kebaikan tetap ada nilainya bagi yang menerima ataupun yang melakukannya.

Pada saat kumpul-kumpul, topik yang paling menarik jadi bahan pembicaraan, selain politik dan urusan wanita cantik adalah membicarakan kejelekan orang lain.

Seperti kejadian belum lama ini. Saat itu karena hujan,kami berteduh di sebuah saung di pinggir jalan.

Kebetulan kami pernah satu boss beberapa tahun yang lalu. Nah, membicarakan mantan boss, apa tidak asyik? Sekalian melampiaskan kesal.

Saya mulai pembicaraan,"Kemarin boss nyumbang ratusan juta loh di acara amal!"

"Itu banyak duit. Kalau ngomong selalu bilang rugi perusahaannya. Gaji kecil dan kalau ada karyawan sakit perhitungan banget," sahut teman.

"Kalau gitu percuma dong banyak beramal. Sia-sia berbuat baik juga!" sewot teman yang satu lagi. "Berbuat baik cuma mau dikenal dan dipuji aja, percuma!" lanjut teman ini masih dalam keadaan sewot."

Benarkah kebaikan yang dilakukan si boss itu sia-sia? Saya pikir, kebenarannya tidak ada yang sia-sia dengan kebaikan itu. Terlepas dari apapun niatnya.

Andaikan uang ratusan juta yang disumbangkan untuk membantu orang susah, menolong bencana atau membangun rumah ibadah. Bukankah kebaikan itu ada nilainya bagi orang lain?

Bagi yang beramal sendiri akan mendapat nama baik dan tentu juga balasan rejeki. Entah saat ini atau kelak. Tidak ada kebaikan yang sia-sia.

Kemudian saya berpikir lagi. Bukankah justru membicarakan dan menjelekkan orang yang telah beramal itu lebih sia-sia lagi?

Sementara kita tidak berbuat apa-apa. Cuma bicara dan menertawakan. Sudah sia-sia dapat dosa pula. Astaga!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline