Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

SBY Blusukan, Dahlan Iskan Kecelakaan, dan Kehendak Tuhan

Diperbarui: 24 Juni 2015   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Mendadak Presiden SBY melakukan kunjungan kerja tanpa pemberitahuan resmi dan pengawalan khusus seperti biasanya. Blusukan bahasa kerennya. Seperti yang sering dilakukan Jokowi, Gubernur Jakarta.

Blusuan Presiden SBY pada Jumat (04/01/2013) ke Tanjung Pasir di wilayah Tangerang-Banten sontak bikin heboh.

Berbagai opini bermunculan. Sikap publik bertolak belakang dengan blusukan ala Jokowi. Tanggapan negatif lebih banyak yang muncul menyikapi blusukan gaya SBY.

Blusukan SBY dianggap hanya meniru gaya kepemimpinan Jokowi dan untuk mengambil hati rakyat. Blusukan SBY pun ditapsirkan untuk pencitraan di sisa masa jabatannya sebagai presiden.

Kita tidak tahu, bisa saja blusukan SBY adalah murni panggilan untuk lebih memperhatikan rakyat yang selama ini agak terabaikan. Akibat banyak memikirkan urusan partai-nya yang dirundung masalah silih-berganti.
Berita di akhir pekan yang cukup menghebohkan lainnya adalah kecelakaan yang dialami Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, Sabtu, 5 Januari 2013 saat mengendarai mobil listrik Tucuxi.

Kejadian itu terjadi dalam rangka uji coba 1000 km menempuh perjalanan Solo-Surabaya. Dimana mobil milik DI rusak parah

Atas kejadian ini muncul berbagai opini seperti biasa. Ramai-ramai mengkaitkannya sebagai kehendak Tuhan. DI kualat karena pakai acara ruwatan segala yang dipimpin dalang Ki Manteb Sudarsono.

Kita boleh saja bebas beropini. Apapun itu. Cuma sayangnya dalam hal ini kebanyakan kita menjadi maha tahu menanggapi atas apa yang terjadi.

Kalau kita beranggapan, kecelakaan yang dialami DI karena ruwatan, sehingga Tuhan memberi teguran. Bagaimana dengan entah berapa banyak kegiatan ruwatan yang sukses, sehingga ruwatan menjadi runitas?

Bisa saja kecelakaan mobil listrik Tucuxi adalah murni kecelakaan manusia atas kehendak bebas yang ia miliki.

Lalu bagaiaman dengan acara busukan SBY? Kenapa kita tidak berpikir itu dilakukannya atas kehendak Tuhan?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline