Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Tiga Kebajikan

Diperbarui: 24 Juni 2015   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Apakah hakekat kehidupan ini yang sesungguhnya? Mungkin kita akan mendefinisikannya sesuai dengan pemahaman atau ajaran agama kita. Begini dan begitu. Begitulah kebenaran. Demikian luas dan fleksibelnya dapat kita jabarkan sesuai pemahaman.

Pada dasarnya hakekat kehidupan ini adalah untuk memberi manfaat, menahan diri, dan menguasai diri.

Bila ketiga dasar kebajikan ini menjadi pedoman hidup kita, maka jalan sukses sebagai manusia telah terbuka dan dalam genggaman.

1. Memberi Manfaat Bagi Kehidupan dan Sesama

Penciptaan setiap manusia hakekatnya adalah untuk saling memberi manfaat. Karena kita sebagai manusia memang saling membutuhkan dan menghidupi.

Itulah sebabnya sebagai makhluk sosial, kita perlu saling berhubungan dan memberikan manfaat. Menciptakan jalinan persahabatan sebanyak-banyaknya dan menghindari permusuhan.

Apakah saya sudah bermanfaat dan berarti bagi hidup ini dan sesama adalah pertanyaan pengingat yang seharusnya menjadi menu harian.

Karena hidup ini hanyalah kesia-siaan bila dilalalui dengan sia-sia tanpa ada memberi manfaat.

Kehidupan yang bermanfaat dan bermartabat adalah selalu mengijat jodoh baik dengan sesama. Tanpa memandang Suku, Agama, Ras, dan golongannya. Tanpa memilih apakah orang baik atau tidal dan jenis kelaminnya.

2. Menahan Diri

Segala sumber kesalahan manusia pada dasarnya adalah karena tidak dapat menahan diri. Pikiran dan nafsu yang tidak terkontrol berimplikasi oada perilaku.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline