Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Aku (ingin) Berwudhu Setiap Saat

Diperbarui: 26 Juni 2015   08:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1298613784695048334

Apakah hanya seorang muslim yang wajib berwudhu untuk membersihkan dirinya dari najis? Aku bukan seorang muslim, namun akupun ingin berwudhu untuk membersihkan hatiku dari kekotoran batin! Berwudhu dalam setiap langkah kakiku agar mata hatiku menjadi jernih untuk dapat memahami pesan-pesan Tuhan yang sesungguhnya!

*

[caption id="attachment_93076" align="alignleft" width="300" caption="didiksugiarto.com"][/caption]

Seorang muslim ketika hendak salat untuk menghadap Tuhannya, wajib untuk berwudhu membersihkan bagian tertentu tubuhnya dari kotoran atau najis. Hal ini setiap hari dilakukan berjuta-juta umat muslim di dunia.

Sesungguhnya makna yang dapat saya pahami adalah ritual berwudhu ini sebagai simbol untuk membersihkan hati agar menjadi terang ketika menghadap Tuhan.

Ketika menghadapi Tuhan selayaknya memang dalam keadaan bersih dan suci luar dalam tanpa tercemari, sehingga suara dan pesan Allah akan dengan mudah meresap ke dalam hati dan dipahami dengan semestinya. Kemudian membawa berkah bagi dirinya dan membawa berkah bagi kehidupan orang lain juga.

Bila untuk membersihkan bagian luar tubuh adalah dengan air yang bersih dan bening yang begitu lembut, maka untuk membersihkan hati dan pikiran yang kotor adalah dengan air suci nurani. Dengan terangnya nurani yang pasti dimiliki setiap insan.

Setiap manusia yang hidup diatas bumi ini masih memiliki kekotoran batin. Keserakahan, kebencian, iri, dengki, mau menang dan merasa paling benar sendiri, licik, pandangan salah, kesombongan, dan lainnya.

Aku tentu saja masih memiliki semua itu yang membuat diriku belum terbebas menjadi manusia seutuhnya. Masih terkungkung dalam kebodohan batin, sehingga seringkali aku terpeleset dan tersesat dalam langkah-langkah hidupku.

Oleh sebab itu aku ingin berwudhu setiap saat membersihkan dengan air kebenaran nurani. Berwudhu sungguh-sungguh dalam keikhlasan dan ketulusan.

Dengan setiap saat berwudhu membersihkan hati berharap kekotoran yang ada perlahan menipis dan kemudian terkelupas. Membuat langkah hidupku selalu dalam tuntunan suara nurani yang jernih.

Aku ingin berwudhu setiap saat, sebab kekotoran batin juga muncul setiap saat untuk mengotori hati dan pikiranku. Kekotoran batin itulah yang membuat apa yang aku lakukan menjauh dari kebenaran.

Aku tak bisa melihat dengan jelas dan pandangan yang benar, sebab mata hatiku tersekat oleh dinding kekotoran yang gelap pekat.

Berwudhu untuk membersihkan nurani yang telah tercemar kekotoran batin, menurutku memang menjadi kewajiban setiap manusia yang masih memiliki kesadaran. Kesadaran untuk kembali menjadi dirinya yang sejati.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline