Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Ajaran Tanpa Kata-kata [50k - Aku dan Sang Guru]

Diperbarui: 1 Maret 2021   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12949264941104910890

Ajaran tanpa kata-kata, seringkali lebih bermakna daripada sejuta kata!

Sekian lama belajar bersama Sang Guru, sungguh membuat aku harus banyak meneladani sikap dan perilaku hidupnya. Membuat setiap orang di dekatnya mau belajar dari nilai-nilai kehidupan yang dijalaninya.

Sosok Sang Guru adalah kebenaran dan kebaikan itu sendiri. Karena kebenaran dan kebaikan itu telah tercermin dari lakunya yang berbudi luhur. Ibarat berdiri, Sang Guru telah bisa berdiri tegak, sehingga layak untuk menegakkan orang lain. 

Ibarat pandangannya telah lurus, sehingga pantas untuk meluruskan orang lain. Hatinya telah bersih, sehingga kebersihan hatinya bisa menyejukkan setiap yang berjumpa dengannya. Belum sempurna memang, namun selalu ada ketulusan di dalamnya.

Suaranya lemah-lembut namun mengandung energi yang luar untuk membangkitkan. Gerak-gerik begitu halus dan teratur. Wajah welas asih tercermin dari senyuman yang alami berasal dari hati. Begitu alami setiap apa yang dilakukannya.

Darinya begitu banyak aku belajar kebaikan dan kebenaran dalam setiap perilaku sehari-hari yang seringkali aku abaikan. Berbicara dan bertingkah laku yang santun dan penuh hormat kepada orang lain. 

Cara duduk yang penuh kewibawaan dan tenang. Dalam bersikap sungguh berkharisma. Langkah-langkah kaki yang ringan dan tidak sembarangan. Bak pahlawan kehidupan.

Sang Guru hanya berpesan, "Jadilah teladan dalam tingkah lakumu. Karena itu adalah pengajaran yang melebihi kata-kata kebaikan dan kebaikan itu sendiri!" 

Ketika di meja makan pun Sang Guru tetap mengajarkan kebenaran. Sikap makannya menunjukkan Sang Guru begitu khusuk menyantap makanannya. Penuh kesadaran dan selalu dihabiskan tanpa tersisa. 

Setiap hari menyantap nasi selalu dalam porsi yang sama dari waktu ke waktu. Apapun yang dihidangkan lauk-pauknya tak akan pernah mengubah seleranya. Sang Guru, hanya menyantap sayur-sayuran demi tidak ingin menyakiti makhluk lain.

Setiap aktivitas adalah ritual meditasi baginya. Setiap apa yang dilakukan dalam kendali kesadaran. Hawa positif selalu dialirkan dari ketulusan hatinya. Aku begitu mengagumi Sang Guru, yang tanpa kata-kata pun telah mengajarkan banyak hal kepadaku. Bahwa kebenaran tak harus dikatakan melalui kata-kata.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline