Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Melakukan Kesalahan, Namun Tidak Menyadari Sebagai Kesalahan!

Diperbarui: 26 Juni 2015   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Adakah kita menyadari, ternyata didalam hidup kita , seringkali melakukan sebuah perbuatan ternyata adalah kesalahan , walaupun menurut kita itu benar !

Belum lama ini sempat terjadi pembicaraan dengan seorang sahabat lama tentang prilaku sahabatnya yang membuatnya kecewa . Karena sifatnya jauh dari apa yang diharapkan selama ini. Selain kekanak-kanakan , dan bersikap semaunya juga suka untuk dihormati .

Kemudian saya berpikir dan mengatakan, bahwa mungkin saja sahabatnya itu tidak sadar dengan tingkahnya sendiri yang sudah salah menurut pandangan orang lain , sedangkan menurutnya sudah benar.

Ketika baru dalam ide untuk menulis inspirasi ini dalam sebuah tulisan , saya mendapatkan sebuah contoh yang sangat nyata mengenai hal ini.

Ketika hendak belanja di sebuah supermarket di Majalengka , kalau minggu lalu saya menemukan seorang ibu yang secara sadar tiba-tiba memotong antrian saat hendak membayar di kasir. Kali ini saya menemukan seorang nenek setelah belanja dengan tergopoh-gopoh dan berdesakkan langsung memotong antrian persis didepan kasir.

Saya percaya si nenek tidak mengerti dan menyadari dengan apa yang ia lakukan. Ia tidak sadar , apa yang ia lakukan adalah hal yang salah walaupun perbuatannya bisa dimaklumi . Tetapi kesalahan tetap kesalahan !

Bisa saja kemudian si nenek justru merasa bangga dengan apa yang ia lakukan karena berhasil mendahului orang-orang yang lebih muda didepannya. Lalu merasa ia begitu hebat karena untuk sampai kedepan kasir tanpa harus bersusah payah seperti orang lain .

Contoh yang paling nyata lagi adalah apa yang dilakukan oleh para teroris atau pelaku bom bunuh diri. Saya yakin mereka bahkan sangat bangga dengan apa yang mereka lakukan . Dengan mengorbankan nyawanya sendiri untuk memusnahkan orang-orang yang bahkan tidak ia kenal.
Tapi saya juga percaya , mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan adalah kesalahan yang sangat fatal bukan hanya bagi dirinya tapi juga orang lain .

Saya yakin selain sahabat teman saya dan contoh yang dilakukan seorang nenek yang saya saksikan itu serta apa yang dilakukan para teroris , mungkin kita sendiri juga pernah melakukan hal yang sama dalam hidup kita selama ini.
Melakukan sesuatu perbuatan yang sebenarnya salah namun tanpa kita sadari , karena kita yakini benar .

Oleh sebab itu, menurut saya kesadaran itu ada sangat penting dan yang perlu kita latih dari waktu ke waktu . Karena ketika kita bisa selalu hidup dalam kesadaran , barulah kita benar-benar bisa sadar dengan hidup kita dan menikmatinya.

Bila kesadaran masih belum kita miliki, maka hidup tak akan jauh dari kesalahan demi kesalahan yang akan terus kita lakukan . Tak jarang pula kita menemukan orang-orang pada saat sudah salah masih berani dan bangga untuk menyalahkan .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline