Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Risma

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Siapa yang tak kenal Ibu Tri Rismaharini, yang menjabat sebagai  Wali Kota Surabaya saat ini? Boleh dibilang Bu Risma merupakan wali kota yang sangat populer dan adalah salah satu pejabat terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Apalagi beliau baru saja terpilih menjadi wali kota terbaik dunia untuk periode bulan Februari menurut versi Citymayors.com.

Bu Risma adalah contoh salah satu pejabat yang amanah dan menjadikan jabatan untuk mengabdi bukan untuk mencari keuntungan pribadi dan kelompoknya. Bukan pejabat yang aji mumpung. Hal ini menunjukkan Bu Risma adalah pribadi yang baik.

Bu Risma berusaha menjadi pejabat baik yang takut akan Tuhan dengan menjalankan tugas sebaik-baiknya. Tentu itu hal yang baik. Selama ini jarang kita menemui pejabat yang begini.

Tetapi di dunia ini, tidak setiap orang yang ingin menjadi baik akan diterima dengan baik-baik. Bahkan ada yang hendak mencelakakan.

Bu Risma yang sudah membuktikan diri sebagai pejabat yang baik yang jauh dari korupsi pun ada yang mengusik dan tidak menghendaki.Tak heran muncul indikasi beliau hendak mundur dari jabatannya.

Jadi Baik Belum Tentu Baik Bagi yang Lain

Bisa jadi kalau kita mau jadi orang baik malah banyak musuhnya. Contohnya kalau  kita bekerja dalam sebuah instansi dan selalu bekerja sesuai prosedur dan jujur, maka siap-siaplah dituduh sok baik atau munafik.

Kalau kita sebagai bawahan dan selalu bersikap baik dalam bekerja, bisa-bisa akan dilabeli suka cari muka atau cari perhatian. Padahal itu sudah merupakan karakter kita.

Bila kita selalu merasa terpanggil untuk menasehati atau mengingatkan orang lain atas kesalahan yang terjadi, mungkin saja akan ada yang sewot dan kita akan mendapat stempel sok baik atau sok bijak. Risikonya kita juga bisa dimusuhi dan disewoti dengan kata-kata 'kalau mau ceramah di rumah ibadah saja, jangan di sini!'

Pernah ada teman yang merasa masih mampu dan menolak pemberian sembako yang dibagikan ke rumah-rumah  dan menyarankan untuk diberikan kepada yang butuh saja. Bukannya mendapat apresiasi dari yang lain malah dibilang sok kaya.

Kuat Menjadi Orang Baik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline