Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Tjiptadinata Effendi dan Halimah

Diperbarui: 8 Januari 2021   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Apakah kita berpikir bahwa semua hal harus mengukurnya dengan uang? Sebuah keikhlasan tidak membutuhkan uang berapa pun sebagai penggantinya!

Entah sudah berapa lama hati ini tak tersentuh atau terharu oleh sebuah bacaan. Entah karena hati ini sudah mati rasa atau tulisan yang dibaca tak mempunyai rasa lagi. 

Namun hari ini, pagi-pagi saat membuka buku 'Beranda Rasa' karya Pak Tjiptadinata Effendi [Seorang Grand Master Reiki dan Kompasianer of the Year 2014] ada sebuah kisah tentang seorang Ibu bernama Halimah yang sungguh menggetarkan jiwa dan membuka kran air mata untuk mengalir.

Sebuah kisah yang terjadi saat Pak Tjipta menempuh perjalanan naik bus dari Medan menuju Padang untuk berdagang dalam keadaan sakit.  Yang mana saat itu beliau bertemu Ibu Halimah, seorang wanita tua yang sederhana dengan hati yang sederhana pula.

Ini sedikit cuplikannya;

"Nak, tadi waktu berhenti, Ibu sempat beli 2 potong ubi rebus di rumah penduduk, karena di sekitar sini tidak ada warung. Masih hangat, nih. Dimakan ya."

Dua potong ubi yang sangat nikmat bagi Pak Tjipta yang sedang dalam keadaan lapar. Tetapi mengingat Ibu Halimah yang sederhana dan mungkin juga sangat membutuhkan uang, maka Pak Tjipta berniat untuk mengganti uang yang dipakai untuk membeli ubi.

"Maaf Bu, ini sekadar uang untuk pengganti beli ubi tadi."

Namun apa tanggapan Bu Halimah? Sebuah jawaban yang membuat mata Pak Tjipta berkaca-kaca dan menahan haru.

"Nak, Ibu memang cuma bawa uang jajan terbatas dan hanya bisa beli 2 potong ubi. Ibu berbagi pada anak dengan ikhlas, tidak semuanya harus dihitung dengan uang, Nak."

Tidak Semua Hal Bisa Dinilai dengan Uang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline