Lihat ke Halaman Asli

Apalah Artinya Hidup, Kalau Belum Pernah Nonton The Rolling Stones Live

Diperbarui: 9 September 2017   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1414986122816897459

I'm sorry we kept you waiting for so long..” kata Mick Jagger. Ya, ini adalah konser The Rolling Stones di Adelaide, yang menjadi konser pembuka untuk tour mereka di Australia dan New Zealand. Konser yang seharusnya dijawalkan di bulan Maret 2014 ini terpaksa mundur jauh ke belakang karena musibah kematian L’Wren Scott kekasih Mick Jagger. Penggemar setia mereka tak bergeming, sebagian besar pembeli tiket tetap memegangnya selama 7 bulan sebelum mereka bisa melihat sang legenda.

Bertempat di Adelaide Oval, stadion olahraga dengan kapasitas 55.000 orang yang menjadi kebanggaan warga Adelaide, kota kecil ini sukses mendatangkan para dewa music rock ke halaman mereka. Adelaide adalah satu-satunya konser dengan skala stadium dalam tour mereka. Menggunakan panggung dan perangkat yang sama dengan konser mereka di Hyde Park di London, mereka membuat ukuran panggung terbesar yang pernah dipakai selama tour The Rolling Stones. Sejumlah 200 orang crew sudah mulai bekerja sejak seminggu sebelum acara, tidak tanggung-tanggung sejumlah 52 truk container membawa keseluruhan perlengkapan untuk konser ini. Mick Jagger, dan Ronnie Wood sudah berada di Adelaide sejak 11 hari sebelum konser, mereka melakukan rehearsal di kota kecil ini jauh sebelum hari H untuk persiapan konser.

Berbeda dengan konser SLANK atau IWAN FALS di Indonesia, suasana konser di Adelaide cukup nyaman dan aman. Tidak terlihat calo tiket, pedagang liar, atau pengunjung yang berdesakan memasuki arena. Sebagian penonton terbang melintasi benua dari Kuala Lumpur, Tokyo, bahkan Alaska untuk menyaksikan konser ini. Nampak pula beberapa wajah penggemar The Rolling Stones yang dikenal di Indonesia, antara lain Ronal Surapradja dan tentu saja para personil The Changcuters. Harga tiket untuk konser The Rolling Stones tidak murah, berkisar dari 2-5 Juta Rupiah, belum lagi biaya perjalanan jika Anda dari Indonesia, namun sungguh semua itu sepadan karena mereka adalah satu-satunya legenda hidup yang masih ada di kancah musik rock.

Adelaide oval dibuka pada pukul 5 sore, sementara jadwal show dimulai pada jam 7 malam. Jeda waktu ini memberikan kenyamanan bagi penonton untuk masuk ke stadium, mencari tempat duduk mereka dengan santai tanpa harus berkeringat. Ini adalah konser yang “rapi” untuk ukuran konser musik rock. Di dalam stadium, setiap 20 meter terdapat petugas keamanan dari AEG security, sebuah perusahaan pengamanan event professional yang akan segera menunjukkan lokasi dimana tempat duduk sesuai tiket anda berada. Antrian panjang hanya terlihat di booth tempat penjualan original merchandise. Di tempat ini kaos original tour The Rolling Stones dijual seharga 50$ atau sekitar lima ratus ribu rupiah. Antrian juga terlihat di booth dan bar untuk membeli minuman mulai dari yang minuman yang sehat, sampai dengan bir, atau minuman beralkohol lainnya. Ya, pengunjung dipersilahkan untuk membawa gelas bir mereka ke tempat duduk. Go ahead, get drunk and enjoy the show!.

Tanpa kata pembuka, acara langsung digebrak oleh JIMMY BARNES, rocker gaek asal Australia kelahiran Adelaide yang juga vokalis dari group rock COLD CHISEL. Beberapa hits yang terkenal di tahun 90 an seperti Lay Down Your Guns, No Second Prize, dan Working Class Man nampak familiar bagi penonton asal Australia yang ikut menyanyi. Setelah beberapa lagu dari era Cold Chisel, pukul 8 malam Jimmy berpamitan dari panggung diiringi tepuk tangan dari penonton. Lalu panggung kembali sepi, semua menunggu empat orang dewa musik rock. Tanpa mereka, musik rock and roll tidak akan seperti saat ini. Mereka memulainya lebih dari 50 tahun yang lalu, menciptakan cetak biru untuk menjadi band rock and roll untuk kemudian ditiru generasi berikutnya, dan masih eksis sampai sekarang!. Dengan formasi yang tidak banyak berubah selama lebih dari 50 tahun, sulit dibayangkan ikatan emosional untuk menjaga keawetan hubungan antar personil The Rolling Stones.

Pukul 8.40 lampu menyala, musik intro yang familiar mulai terdengar, beberapa musisi memasuki panggung dan mulai menempatkan diri. Dari kegelapan muncul sosok bayangan empat orang yang sudah ditunggu-tunggu. “Ladies and gentlemen.... The Rolling Stones!” . Di belakang perangkat drum Charlie Watts (73 tahun) nampak segar dengan kaos hijau dan rambut putihnya. Keith Richard (70 Tahun) masuk ke panggung dengan bandana favorit berwana rasta merah kuning hijau, disusul Ronnie Wood (67 Tahun) anggota stones “termuda” yang malam itu mengenakan kemeja suede merah dan Mick Jagger (71 Tahun) yang kharisma dan energinya tidak termakan usia. Mereka langsung menggeber Jumping Jack Flash sebagai lagu pertama. Suasana makin panas setelah berturut-turut hits Lets Spend The Night Together, It’s Only Rock N Roll, dan Tumbling Dice dibawakan. Tak lama kemudian, intro lembut Wild Horses meluncur mulus dari gitar Keith Richard membawa penonton ke suasana dramatis.

Stones tidak hanya membawakan koleksi lagu lama mereka, tapi juga lagu baru seperti Doom and Gloom dari album GRRR! yang dirilis tahun 2012 yang baru berlalu. Dan satu lagu yang cukup special malam itu adalah lagu pilihan penonton berdasarkan voting yang dilansir oleh The Rolling Stones melalui Facebooknya. Lagu yang terpilih adalah “Like A Rolling Stones” yang dinyanyikan malam itu dengan Mick menggunakan harmonika. “Thank you Bob Dylan for writing that song for us – He’s such a sweetheart when you get to know him” kata Mick sambil bercanda usai melantunkan lagu tersebut.

 

14149857111647620206

 

Malam itu adalah paket yang lengkap untuk konser The Rolling Stones. Selain Mick yang memainkan harmonika, Keith juga tampil bernyanyi solo membawakan dua lagu yaitu Happy dari album Exile on Main Street, dan I Cant Be Seen With You dari album Steel Wheels. Lalu ada Mick Taylor, sang gitaris pada awal karir The Rolling Stones yang bergabung dalam tour ini khusus untuk lagu Midnight Rambler dan Gimme Shelter. Dan karena ini adalah konser The rolling Stones, tentu saja tidak lengkap tanpa insiden kecil. Sempat terjadi dimana ada seorang fans yang berhasil naik ke atas panggung. Tentu saja, pembuat onar itu langsung disikat oleh petugas security. Dalam 2 detik sang maniak ditarik atau lebih tepatnya diseret oleh petugas security. “Its all part of the act..!” kata Mick yang melanjutkan konser dengan professional. Berlanjut ke show, acara semakin lengkap dengan munculnya lagu Sang Iblis, Sympathy for the devil, yang dibawakan Mick dengan indah dan jubah berwarna merah darah. Acara berlanjut, setelah lagu Brown Sugar selesai The Rolling Stones pun permisi, lampu padam, dan panggilan encore pun dimulai.

Dari sisi panggung berbaris rapi beberapa penyanyi, Mereka adalah Adelaide Chamber Singers sebuah paduan suara local yang naik ke panggung The Rolling Stones. Menu encore malam ini pun dimulai. Paduan suara membawakan intro yang megah disambut dengan Sir Mick Jagger yang keluar mengenakan topi dan sebuah gitar aktustik. penonton tahu ini saatnya You Cant Always Get What You Want . Setelah itu, walaupun ingin lanjut, penonton tidak bisa mendapatkannya, acara ditutup dengan lantunan I Cant Get No Satisfaction dengan sing a long yang seolah tak pernah berhenti. Akhirnya waktu menunjukkan pukul 10.30 dan usai sudah acara. Mick Jagger, Keith Richard, Ronnie Wood, Charlie Watts berdiri di depan panggung, membungkukkan badan dan melambaikan tangan untuk berpamitan.

Itu adalah akhir dari malam yang bersejarah. Bagi The Rolling Stones yang baru pertama kali tour setelah cuti panjang, bagi Kota Adelaide, dan bagi 54.115 fans dari seluruh dunia yang memenuhi Adelaide Oval malam itu. “It’s on my bucket list” kata seorang penonton. “Hidup cuma sekali, apalah artinya hidup kalau belum pernah nonton The Rolling Stones Live!”, “Sekarang saya bisa meninggal dengan tenang..” demikian komentar beberapa dari mereka seusai acara. Waktu menunjukkan pukul 12 malam, dan Adelaide Oval mulai ditutup. Arena stadium bebas rokok ini kembali sepi. Bebas rokok? Tunggu dulu.. memang semua pengunjung dilarang merokok.. tapi ada satu orang yang tadi bisa merokok, dia adalah Ronnie Wood. Yes, Ronnie is still smoking his cigarette ... on stage... during the show..

 

---

 

SET LIST THE ROLLING STONES Live at Adelaide Oval 25 October 2014

Jumping Jack Flash

Let’s Spend The Night Together

Only Rock And Roll

Tumbling Dice

Wild Horses

Doom And Gloom

Like A Rolling Stone

Out Of Control

Honky Tonk Woman

Happy (Keith Richard on Vocals)

I Can’t Be Seen With You (Keith Richard on Vocals)

Midnight Rambler (With Mick Taylor)

Miss You

Gimme Shelter

Start Me Up

Sympathy For The Devil

Brown Sugar

You Can’t Always Get What You Want

Satisfaction

 

14149840482067398644

 

14149841211159904606

 

 

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline