Lihat ke Halaman Asli

Syauqiya SalsabilaF

Psikolog, HRD

Tetap Fokus tuk Menjadi Pemenang Sejati

Diperbarui: 15 Januari 2024   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar pribadi

Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa "Orang yang berani bangkit dan belajar dari kegagalan adalah PEMENANG SEJATI"

 

Wow bagus banget kalimat motivasi yang satu ini, memang cukup kuat dampaknya untuk membangkitkan semangat paling dalam dari diriku. Banyak sekali cerita orang yang pernah mengalami kegagalan dan langsung tenggelam alias tidak ada kabar beritanya lagi

Cerita kehidupann yang hanya bisa dibagikan adalah cerita tentang bangkit dari kegagalan, tidak ada cerita kegagalan lalu lenyap yang biasa diceritakan. Maka sekarang tanamkan dalam pikiran bahwa aku HARUS bangkit, kapanpun aku mengalami kegagalan, karena aku yakin dan percaya bahwa "Apapun SAYA BISA jika SAYA MAU'.

 

Kuncinya adalah kemauan, bukan kemampuan. Mereka yang memiliki kemampuan, jika tidak ada kemauan, akan sia sia. Tidak ada bedanya dengan hidup luntang lantun, ga ada tenaga dan semangat, tidak ada spirit. Hidup ini pilihan loh. Kamu bisa memilih sedih, bisa memilih senang, bisa memilih marah dan bisa memilih tanang. Karena hidup ini pilihan, maka aku memilih menjadi orang yang bahagia.

Memang sebuah pilihan tidaklah mudah, namun kamu harus mulai belajar untuk berani memilih dan memutuskan kemana arah hidupmu. Apa pilihan hidupku ? Akulah yang harus menentukan arah jalan hidupku. Akulah yang menentukan titiknya (mulai dari mana), besar titiknya, warna titiknya (Fokus). Karena semakin aku focus pada impianku, semakin cepat aku mencapai impianku.

Fokus menghasilkan energi yang besar, dan semakin dahsyat. Dengan focus membuat aku semakin bersemangat, berenergi, berkeringat karena membantu aku untuk selalau bergerak. Bergerak melangkah, berlari menuju arah sinar yang memimpinku. Karena focus, maka apapun situasi penghalang di sekitarku tidak akan membuat terganggu, jalan yang berkelok kelok pun aku lalui, jalan macetpun aku nikmati, jalan berbatupun aku lewati, jalan terhalangpun aku lampaui karena arah fokusku jelas. Maka aku tidak akan pernah untukmenungu situasi dan sebaiknya berhentilah menunggu kondisi membaik. Lakukan sesuatu agar kondisi membaik.

Lebih baik aku fokus pada sesuatu yang bisa aku kendalikan. Sesuatu yang bisa aku jangkau, sesuatu yang bisa aku buat lebih baik. Jadi aku pikir, sebaiknya aku fokus saja pada karya. Ya, berkarya dan berkarya maka kemudian aku bekerja dengan sungguh sungguh. Aku berdoa dengan sungguh sungguh. Selanjutnya biarlah tuhan yang menentukan.

sasqi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline