Lihat ke Halaman Asli

HMI MPO SOSAIN

Kader Berjiwa Asketis

Muskom ke-46 sebagai Wadah Pertanggungajawaban

Diperbarui: 5 November 2020   12:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pembukaan MUSKOM

Pada tanggal 30 November 2020, dengan resmi kegiatan Musyawarah Koordinator Komisariat  (MUSKOM) Himpunan Mahasiswa Islam MPO UIN Sunan Kalijaga dibuka. Kegiatan tahunan ini melibatkan pengurus Koordinator Komisariat (KORKOM) selaku pemilik hajat kegiatan ini serta beberapa utusan maupun peninjau yang keseluruhannya merupakan perwakilan dari tujuh komisariat di lingkup UIN Sunan Kalijaga. Pada mulanya kegiatan ini akan dilaksanakan pada awal tahun, bertepatan dengan satu tahun kepengurusan. Namun, dikarenakan adanya musibah berupa pandemi Covid-19 yang hadirnya tidak diinginkan oleh siapapun, maka dengan terpaksa kegiatan ini baru dapat dilaksanakan pada penghujung tahun. Kegiatan MUSKOM ini dilaksanakan secara offline, namun juga dilengkapi secara online agar mempermudah kawan-kawan yang berhalangan untuk hadir dikarenakan masih berada ditanah halaman.

Diadakannya kegiatan MUSKOM ini, bertujuan sebagai forum pertanggungjawaban kepengurusan KORKOM setelah mengemban amanah selama satu periode. Bila digambarkan seperti kapal yang melakukan pelayaran, maka forum inilah pelabuhan terakhirnya. Melalui forum ini, diharapkan menjadi wadah untuk menghasilkan saran maupun gagasan yang bersifat progresif dan visioner untuk keberlangsungan HMI MPO UIN Sunan Kalijaga kedepannya. Alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini dapat berjalan dengan lancar dan khidmat.

Dikarenakan organisasi ini lebih mengedepankan nilai kekeluargaan, maka nuansa forum yang terbentuk cenderung bersifat harmonis, namun tetap tidak melupakan ghirahnya. Koreksi yang diberikan pun bukan bersifat untuk ‘membantai’ tetapi lebih untuk ‘membangun’ demi kepentingan bersama kedepannya. Laporan demi laporan pelaksanaan tugas pun dapat dijelaskan secara runtut dan lengkap. Tak lupa dalam sidang pleno II juga dicanangkan Garis Besar Haluan Kerja (GBHK), sebagai hasil evaluasi kepengurusan tahun ini yang dapat dijadikan sebagai gambaran untuk kepengurusan selanjutnya. Kegiatan ini pun ditutup dengan pemilihan calon formatur, yang menghasilkan nama kanda Akbar dan kanda Haikal yang selanjutnya akan dipilih langsung oleh formatur terpilih HMI MPO Cabang Yogyakarta.

Setelah melewati dinamika yang panjang, maka dilakukanlah sesi refreshing untuk mengembalikan semangat dan menjaga kekompakkan bersama dengan melakukan susur sungai yang berlokasi di Sunga Krasak. Kegiatan susur sungai yang dipimpin langsung oleh guide dari home stay ini pun berjalan dengan aman dan seru. Dikarenakan pada sore itu cuaca cukup mendung dikarenakan sehabis hujan, sang guide pun terus mengingatkan untuk selalu tanggap dengan kondisi alam dan selalu menjaga diri maupun kawan lainnya. Kegiatan ini pun diakhiri dengan menanam pohon bersama. Tak lupa setiap peserta pun diminta untuk menaruh ‘batu harapan’ disekeliling pohon sebagai perwujudan ‘pohon harapan’. Harapannya dengan ditanamnya pohon dan segala doa baik disekelilingnya dapat tumbuh secara baik dan dapat membawa manfaat pada alam sekitar, yang mana hal ini diharapkan selaras dengan pertumbuhan HMI MPO UIN Sunan Kalijaga kedepannya, Aamiin.

Dokumentasi Kegiatan Susur Sungai

Mengutip quotes milik kanda Fajar selaku demisioner ketua KORKOM yang berbunyi “Bukan siapa yang memulai, tapi siapa yang bertahan hingga titik darah penghabisan” dan “HMI adalah rumah sejauh manapun kau pergi tetaplah kembali kerumah hijau hitam ini”. Maka sudah sepatutnya ini menjadi reminder kita semua sebagai bagian dari organisasi hijau-hitam ini untuk terus berdinamika bersama apapun suka-dukanya. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menjadi pintu HMI MPO UIN Sunan Kalijaga yang lebih siap dalam menghadapi tantangan zaman. Aamiin ya robbal alamiin ...

- Salam Hormat, PTJK Sosain




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline