Lihat ke Halaman Asli

Fenomena ‘Penampakan’ Teh Gelas

Diperbarui: 4 April 2017   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1355298659531447886

Teh merupakan salah satu minuman yang cukup populer dan digemari masyarakat Indonesia selain kopi. Pangsa pasar untuk minuman teh ini cukup besar, lihat bagaimana Teh botol Sosro meraup keuntungan hingga milyaran rupiah dengan menjual teh dalam kemasan botol.

Hal ini mendorong salah satu produsen makanan untuk membuat minuman teh dalam kemasan cup. Produsen tersebut adalah Orang Tua Grup, sebuah produsen berskala nasional yang salah satu produknya adalah wafer tango. Konon kabarnya ide pembuatan Teh Gelas berasal dari anak pemilik OT Group, Hamid Djoyonegoro.

OT bukan perusahaan nasional pertama yang memproduksi minuman teh dalam kemasan cup. Sebelumnya sudah ada Garuda Food (produsen kacang garuda) yang bermain di segmen ini. Bedanya garuda fokus di minuman teh rasa buah sementara OT fokus di rasa original. Berdasarkan pengamatan di lapangan secara availability product Teh Gelas cukup baik. Untuk wilayah Jabodetabek hampir di semua warung retail, grosir dan semi grosir produk teh gelas ada terdisplay.

[caption id="attachment_221236" align="aligncenter" width="694" caption="Sumber foto:initehku.com"]

1355298773845102717

[/caption]

Hasil perbincangan saya dengan beberapa agen dan owner distributor pun menunjukkan bahwa secara volume dan value produk teh gelas ini termasuk yang tertinggi dibanding produk-produk minuman cup lainnya. Bahkan beberapa waktu yang lalu sebagian agen dan distributor tersebut sempat kekurangan suplai.

Teh Gelas memang fenomenal, penampakannya ada dimana-mana. Meski saya tidak bisa menyajikan data yang valid, rasanya pencapaian mereka melebihi pencapaian Frutang, Ale-ale ataupun Mountea dimasa mereka booming dahulu. Dan saat ini Teh Gelas adalah leader di segmen minuman teh cup rasa original.

Kunci sukses Teh Gelas versi OBP :

1. Jaringan distribusi yang rapat ditiap kota

2. Agen / Distributor yang loyal

3. Promo ATL yang gencar

4. Consumer & Trade Promo [berani]

5. Kualitas produk yang mendukung

6. T.O.P (term of payment) yang leluasa (21 s/d 28 hari)

7. 2 Jalur distribusi (outlet makanan dan minuman)

Bicara jaringan distribusi kita semua tahu bahwa OT merupakan salah satu produsen berskala nasional yang punya jaringan dan titik-titik distribusi yang cukup baik.

Agen dan distrbutor mereka juga tergolong loyal karena OT cukup perhatian dengan para mitra bisnisnya. Baik itu ketika ulang tahun, ulang tahun perkawinan, kelahiran anak dsb-nya. OT juga sering mengadakan gathering dan tour-tour ke dalam maupun luar negeri. Seorang teman baru-baru ini ikut tour ke Turki dari hasil pencapaian target penjualannya selama 6 bulan. Menurut para sahabat distributor OT termasuk cukup “royal” dalam hal ini.

Diawal awal launching mereka cukup gencar beriklan di media elektronik dan berani “jor-jor”an melakukan consumer dan trade promo.

Disamping itu kualitas produk mereka cukup bagus dan rasanya diterima oleh masyarakat. Berdasarkan seorang teman yang bekerja sebagai R and D disalah satu perusahaan minuman, Teh Gelas tergolong tinggi pemakaian gulanya. Teh Rio produksi dari wings food di awal launching rasanya kurang diterima masyarakat.

Sistem pembayaran atau term of payment ke agen atau distributor yang diterapkan pun cukup leluasa (21 s/d 28 hari) dibandingkan dengan mountea, ale-ale dan frutang yang hanya 14 hari.

1355299203542011838

Besarnya angka penjualan Teh Gelas ini membuat produsen lain mulai melirik ke segmen ini. Salah satunya adalah wings food dengan Teh Rio-nya. Kita tahu wings pun punya jaringan distribusi yang cukup bagus dan juga mampu melakukan promo segencar Teh Gelas. Tapi sampai sejauh ini mereka belum mampu ‘menggoyang’ Teh Gelas.

Fenomena Teh Gelas bukan hanya berdampak di segmen minuman cup saja. Tak kurang Teh Botol Sosro market leader untuk minuman teh dalam botol dibuat gerah oleh Teh Gelas, karena omset penjualan mereka yang tergrogoti oleh keberadaan Teh Gelas. Sampai kapan kejayaan Teh Gelas...hanya waktu yang bisa menjawab.

Terima kasih__Salam bijak palsu!

Artikel lainnya: Bintang-7 Mencoba Ke’bejo’annya..l | Wings Food ’Bermain’ Kopi..l

Artikel gak nyambung: Tidak perlu berterima kasih untuk artikel ini..l

Artikel kontroversial: Merokok Bisa Tidak Membahayakan Kesehatan !?

Artikel Motivasi: Berani Bakar Kapal = Sukses||Membakar Surga Menyiram Neraka




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline