Lihat ke Halaman Asli

Tips Melembut dan Menyegarkan Daun Singkong

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13535902511447966944

Daun singkong, lalapan hijau nan nikmat ini selalu ada di hampir semua RM Padang dan banyak rumah makan lainnya. Daun singkong memang merupakan salah satu sayuran berdaun tebal dengan rasa khas yang menjadi salah satu teman makan nasi. Bagi penikmat sejatinya makan tanpa lalapan daun singkong dan sambal terasa kurang sempurna.

[caption id="attachment_217679" align="aligncenter" width="300" caption="Daun singkong, anneahira.com"][/caption]

Daun singkong yang lembut dan segar tentu lebih mengundang selera. Salah satu Rumah Makan Padang yang sering saya kunjungi kerap menyediakan daun singkong yang lembut dan segar. Warna hijau daunnya cerah dan mengundang selera, berbeda dengan rumah makan-rumah makan lainnya yang pernah saya kunjungi. Kerana seringnya saya berkunjung ke rumah makan tersebut saya jadi akrab dengan pemiliknya. Sering kami berbincang tentang banyak hal. Kebetulan ibu Ani pemilik rumah makan tersebut orangnya ramah dan senang ngobrol.

Beliau juga tidak pelit berbagi tentang banyak hal yang ia ketahui kepada orang lain yang di anggap cocok dan nyambung dengannya. Salah satu yang ia bagi kepada saya adalah rahasia membuat daun singkong lembut, hijau bercahaya dan tampak segar. Rahasianya adalah AIR ABU. Campurkan air abu kedalam rebusan daun singkong dan dapatkan daun singkong yang lembut, hijau bercahaya dan tampak segar. Untuk 6 ikat daun singkong campurkan 3 sendok makan air abu. Air abu bisa di dapat toko bahan kue dan pasar tradisional.

[caption id="attachment_217680" align="aligncenter" width="300" caption="Air abu, food.detik.com"]

13535903261989428255

[/caption]

Air abu, air alkali atau garam alkali sering juga dipakai sebagai bahan tambahan dalam pembuatan mie, ketupat, lontong dan bakcang. Air abu ini akan membuat tekstur menjadi kenyal. Bentuk dan warnanya persis seperti air biasa (detik food).

Terima kasih___SEmoga ADa MAnfaatnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline