Lihat ke Halaman Asli

Kasya Wibriyanti Anandita

Mahasiswa Universitas Airlangga

Boros Berkedok Self Reward

Diperbarui: 27 Mei 2022   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pastinya semua tidak asing dengan kata self reward kan? Sebenarnya apa sih self reward itu? Self reward biasanya dilakukan oleh seseorang sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri atas kerja keras setelah melewati berbagai tugas atau pekerjaan yang sulit. Kegiatan self reward biasanya membeli barang-barang mahal, menghabiskan uang untuk makan-makan, liburan, dan masih banyak lagi. Namun, dalam hal keuangan, self reward dijadikan sebagai tameng untuk berfoya-foya atau pemborosan.

Self reward memiliki begitu banyak dampat positif. Inilah alasan dibalik pentingnya memberikan self reward :

  • Melepaskan Stres dan Jenuh

Salah satu cara untuk melepaskan stres dan jenuh dapat melakukan self reward. Setelah memanjakan diri, dapat menambahkan energi positif yang bisa membuat rasa lebih siap untuk beraktivitas kembali dengan pikiran yang lebih segar, fokus, dan percaya diri.

  • Berhak Menghibur Diri Setelah Bersusah Payah

Self reward juga merupakan sarana untuk menghibur diri setelah bersusah payah mencapai suatu hal. Tentunya berhak didapatkan karena telah berhasil menyelesaikan semua target pencapaian.

  • Motivasi untuk Melakukan Lebih Banyak Hal Lagi

Ketika menerima self reward pasti timbul rasa bahagia dan puas, serta dapat membuat kita semakin termotivasi untuk melakukan lebih banyak hal agar mendapatkan self reward lagi di kemudian hari. Secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan produktivitas dari sebelumnya.

Seperti kata pepatah, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jika kita terlalu sering memberikan self reward tentu ada dampaknya yaitu :

  • Menghilangkan Motivasi

Jika melakukan self reward terlalu sering dapat membuat kehilangan rasa semangat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hilangnya perasaan spesial karena adanya reward tentu akan membuat kita merasa bosan dan tidak memicu perasaan untuk meraih sesuatu.

  • Memicu Kebiasaan Boros

Terlalu sering memberikan self reward dapat memicu kebiasaan boros, apalagi jika kita memberikan reward yang harganya mahal dan branded. Karena kita menganggap bahwa pengeluaran untuk reward adalah suatu kewajiban dan tidak penting seberapa mahal harga tersebut.

  • Kurang Disiplin

Kedisiplinan diri dapat berkurang jika terlalu sering memberikan reward. Akibatnya dapat membuat diri semakin jauh dari tujuan bahkan dapat membuat impian gagal terwujud.

Banyak orang berpikir bahwa self reward adalah kegiatan yang membutuhkan banyak biaya. Padahal self reward yang baik tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Intinya pilihlah self reward yang membuat hati senang dan bahagia tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Berikut tips self reward yang ramah dikantong :

1. Bermain Game

Ketika sudah lelah dan penat dengan pekerjaan atau tugas, kita bisa memberikan reward dengan bermain game kesukaan. Bermain game dapat membuat kita menjadi lebih santai dan bisa melupakan rasa lelah dan penat dari pekerjaan atau tugas. Tetapi perlu diingat batasan waktu dalam bermain game. Selain itu, kita juga perlu menghindari begadang karena bermain game semalaman.

2. Tidur

Meski dianggap sepele, tidur bisa dikategorikan sebagai self reward. Selain bisa mengembalikan energi yang terkuras setelah beraktivitas, tidur juga dapat mengembalikan semangat dalam bekerja.

3. Menonton Serial atau Film Favorit

Meluangkan sedikit waktu untuk menonton serial atau film favorit tentu tidak ada salahnya. Dengan menonton serial atau film favorit, dapat menghilangkan stres dan jenuh kegiatan yang dilakukan seharian. Perlu diingat juga menonton serial atau film harus ada batasan waktunya dan jangan sampai lupa mengerjakan pekerjaan yang lainnya.

4. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Jika memiliki hewan peliharaan dirumah, ajaklah mereka bermain sejenak. Bermain dengan hewan peliharaan dapat membantu menaikkan hormon bahagia dan dapat mengurangi stres.

5. Keluar Rumah

Jika cuaca sedang cerah, keluar kamar atau rumah untuk mencari udara segar dapat merilekskan pikiran. Bisa juga dilakukan dengan olahraga ringan seperti jogging dan jalan kaki mengelilingi kompleks. Selain dapat meningkatkan mood kita dapat menjadi lebih sehat dan otot tubuh menjadi tidak tegang.

Ada satu prinsip yang harus diingat jika ingin memberikan reward untuk diri sendiri. Reward tersebut harus sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai memaksakan diri dan mengambil dana lain untuk menuruti keinginan. Jika melakukan hal tersebut, malah menyulitkan diri sendiri. Jika belum mampu membeli barang yang diinginkan, lebih baik uangnya disimpan atau membeli barang semampunya saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline