Lihat ke Halaman Asli

Mini Kajian (KPK)

Departemen Kajian Aksi Strategis dan Advokasi BEM KM Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani

Kenali Subtipe Darah P yang Sangat Langka

Diperbarui: 18 Januari 2024   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi uji darah (iStock.com)

Kenali Subtipe Darah P yang Sangat Langka 

 

Oleh: Staf Departemen Kastrad BEM KM FK Unjani (Muhammad Tafarrel Al Ghifari)

Pada tahun 2023 sebuah rumah sakit di China menemukan golongan darah subtipe P yang sangatlah langka, penemuan ini terjadi di Rumah sakit Taixing People's Hospital di Taizhou, Provinsi Jiangsu. South China Morning Post melaporkan bahwa urutan nukleotida atau subtipe tersebut sebelumnya tidak pernah diketahui pada seorang dengan golongan darah P dan baru pertama kali ditemukan di dunia.

Pihak Rumah sakit selanjutnya menyerahkan urutan genetik dari subtipe darah tersebut kepada koleksi akses terbuka yang dikelola oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional di Amerika Serikat yaitu GenBank untuk dicatatkan. Urutan tersebut telah diberi nomor seri OR900206 dalam database gen manusia.

Cao Guping, dokter spesialis transfusi yang berhasil mendeteksi sampel langka ini mengatakan bahwa penemuan ini sangat penting terutama untuk pemilik golongan darah tersebut. Pasalnya, golongan darah tersebut sangatlah langka sehingga agar pasien dapat mempersiapkan diri lebih baik Ketika dibutuhkan transfusi darah, karena pada pasien dengan golongan darah P hanya bisa menerima transfusi dengan jenis yang sama.

Dalam kasus perempuan dengan golongan darah ini, keberadaan antibodi 'anti-Tja' yang menyerang plasenta secara langsung dapat menyebabkan keguguran berulang dan bayi lahir mati," ujar Cao dikutip dari SCMP, Senin (8/1/2024).

Golongan darah P ditemukan pertama kali pada tahun 1927 oleh Landsteiner dan Levine Ketika mereka menemukan antigen baru pada sel darah merah. Terdapat 5 fenotipe didalam golongan darah P yaitu P1, P2, P1k, P2k, dan P. Golongan darah ini dibagi sesuai dengan antigen di sel darah merah. Subtipe P1 dan P2 menjadi yang paling banyak ditemukan. Sedangkan yang paling jarang ditemui adalah P1k, P2k, dan p.

Lebih lanjut, Antigen P dan P1 diproduksi oleh gen yang dikenal sebagai B3GALNT1 (beta-1,3-N-acetylgalactosaminyltransferase 1), sedangkan antigen Pk diproduksi oleh gen yang disebut A4GALT (alpha 1,4-galactosyltransferase).

Selain Golongan darah Subtipe P, Rh-null atau yang dikenal sebagai ''Golden Blood"  juga merupakan salah satu golongan darah yang juga langka, penilitian oleh National Library of Medicine menunjukan bahwa golongan darah ini hanya dimilki oleh 1 dari 6 juta orang. Golongan darah ini terbentuk Ketika sel darah merah tidak mengandung antigen rhesus sama sekali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline