Lihat ke Halaman Asli

Sehat Secara Holistik

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kesehatan holistik adalah kata yang belakangan ini mulai populer digunakan. Holistik ini mengacu kepada kesehatan yang menyeluruh tidak hanya pada satu aspek saja tapi pada banyak aspek seperti tubuh, pikiran dan jiwa.

Pentingnya memperhatikan kesehatan tidak hanya fisik, tubuh saja tapi juga kesehatan pikiran dan jiwa. Pada umumnya kita hanya lebih memperhatikan kesehatan tubuh, fisik karena langsung terasa gejalanya seketika apabila badan mengalami sakit.

Sebenarnya, tubuh kita tidak serta-merta mengalami sakit, kecuali sakit karena luka, terbakar atau yang langsung melukai fisik kita. Kalau kita sakit ada proses yang terjadi sampai akhirnya sakit itu sampai pada ke fisik kita.

Tubuh kita mempunyai lapisan-lapisan seperti lapisan fisik, energy, mental/emosional, intelegensia, dan spiritual. Apabila lapisan mental atau emosional kita mengalami stress, itu akan menyebabkan pikiran kita kacau dan mengganggu lapisan-lapisan dibawahnya seperti lapisan energi, sehingga tubuh menjadi lemah dan kemudian bisa berdampak pada fisik seperti migren, maag, dsb.

Itulah pentingnya kita menjaga kesehatan kita secara holistik, tidak hanya tubuh, tapi juga pikiran dan jiwa kita, agar tetap sehat. Banyak cara menjaganya seperti meditasi, yoga, massage, mengatur pola makan dan sebagainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline