Lihat ke Halaman Asli

Best Practice PPL 2 Listrik Dinamis

Diperbarui: 25 November 2023   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

  • PENDAHULUAN

Situasi 

Keaktifan belajar merupakan faktor menentukan keefektifan pembelajaran. Upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan peserta didik pada pelajaran Penggunaan Energi Listrik, Upaya Penghematan dan Pencegahan Bahaya Penggunaannya diperlukan pengembangan kualitas pendidikan. Proses pembelajaran harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan  memotivasi peserta didik  untuk  berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Keaktifan belajar siswa merupakan perilaku atau kegiatan yang terjadi pada siswa saat  proses belajar  yang  ditandai dengan keterlibatan siswa seperti bertanya, mengajukan pendapat, mengerjakan tugas--tugas, dapat menjawab pertanyaan guru dan bisa bekerja sama dengan siswa lain, serta tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Semakin tinggi keaktifan siswa, maka keberhasilan proses belajar seharusnya juga menjadi semakin tinggi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah kurangnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan rendahnya kemampuan literasi sains adalah :

  • Peserta didik kurang bersemangat, banyak diam dan lebih mengandalkan teman yang pintar
  • Sarana prasarana di sekolah belum mendukung, meliputi  sumber belajar  yang hanya berpusat pada buku paket, fasilitas internet yang belum memadai
  • Media, model dan metode pembelajaran yang digunakan belum mempertimbangkan keunikan gaya belajar peserta didik, sehingga kurang menunjang keaktifan belajar siswa.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peran dan tanggungjawab saya sebagai seorang guru adalah melaksanakan pembelajaran bermakna, menyenangkan dan inovatif dengan menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), video dan kuis untuk mengembangkan kemampuan literasi sains dan keaktifan peserta didik,

Tantangan

Meningkatkan rasa percaya diri dan keaktifan siswa dalam kegitan diskusi maupun  dalam mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas. Penggunaan sumber belajar yang variatif untuk menunjang keaktifan dan literasi sains peserta didik

Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami siswa sehingga lebih fokus dan dapat berperan aktif dalam pembelajaran

  • ISI

Aksi

Langkah-langkah yang diambil untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline