Lihat ke Halaman Asli

kasmiati

Mahasiswa

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopolistik

Diperbarui: 25 Oktober 2023   17:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PASAR MONOPOLISTIK

 a. Kenali Kelebihan dan Kekurangan

Pasar monopolistik adalah pasar di mana hanya satu atau beberapa perusahaan yang menghasilkan dan menjual barang atau layanan tertentu. Posisi ini memberikan pengaruh dalam pasar karena tidak adanya pesaing dari perusahaan lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan pasar monopolistik.

Kelebihan Pasar Monopolistik

Salah satu kelebihan pasar monopolistik adalah keuntungan besar yang diperoleh perusahaan karena tidak ada kompetisi di pasarannya. Dengan keuntungan besar ini dapat menjadi sumber pendanaan utama bagi perusahaan untuk melakukan penelitian dan pengembangan atau memperluas bisnisnya. Untuk itu, pasar monopolistik dapat menjadi daya tarik bagi investor dan pemilik bisnis.

Selain itu, sebuah perusahaan dalam pasar monopolistik lebih mungkin untuk merancang produk atau layanan yang berkualitas dengan harga yang lebih tinggi karena tidak perlu khawatir persaingan di pasar.

b. Kekurangan Pasar Monopolistik

Kekurangan dari pasar monopolistik adalah kesulitan untuk memasuki pasar ini karena posisi dominan dari perusahaan yang sudah memonopoli pasar tersebut. Dalam long-run ini kemudian mengurangi inovasi dan pengembangan di masyarakat dan bisnis di seluruh industri. Karena kurang adanya persaingan yang sehat, pasar monopolistik dapat menempatkan keseimbangan permintaan dan penawaran pada saat di mana harga produk atau layanan yang ditawarkan menjadi anomali atau tidak ideal. Harga yang ditetapkan oleh perusahaan tidak selalu sesuai dengan standar pasar.

Solusi untuk Pasar Monopolistik

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah pasar monopolistik adalah mengembangkan persaingan di pasar. Persaingan yang sehat harus dipupuk di pasar untuk memastikan bahwa perusahaan yang memonopoli pasar ini tidak menetapkan harga yang tidak sesuai. Pemerintah dan pejabat pengatur harus mengawasi dan menerapkan undang-undang peraturan perekonomian di pasar untuk memperkuat persaingan yang sehat.

Kesimpulan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline