Pembelajaran minggu ini kita memasuki materi baru yaitu mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Untuk dapat mengetahui perjalanan saya dalam mempelajari modul 3.2 ini maka dapat dituangkan dalam jurnal refleksi yang saya susun dengan menggunakan model 4F (Fact, Feeling, Finding, Future).
Fact (Peristiwa)
Aktifitas yang saya laksanakan dalam mempelajari modul 3.2 diawali dengan Mulai dari diri, yaitu mengingat kembali pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sekolah dengan menuliskan beberapa pertanyaan dalam kolom yang disediakan oleh LMS, merefleksikan hasil jawaban mengenai pengetahuan awal tentang materi yang akan dipelajari berkaitan dengan keadaan sekolah.
Kegiatan selanjutnya yaitu eksplorasi konsep mandiri, pada kegiatan ini CGP melaksanakan aktifitas pembelajaran dalam materi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya dengan mempelajari cara berlajar berpikir berbasis aset dan berpikir berbasis kekurangan/masalah, menggunakan strategi pengelolaan sumber daya dengan menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset (Asset Based Community Development/ABCD), CGP melakukan pemetaan sumber daya/aset yang ada di sekolah menggunakan tujuh aset/sumber daya berdasarkan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah, mengidentifikasi peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah masing-masing, serta mengevaluasi hasil pemetaan potensi aset/sumber daya sekolah untuk dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran para murid.
Kegiatan selanjutnya yaitu forum diskusi eksplorasi konsep, yaitu melakukan diskusi dengan rekan CGP lain dalam kelompok untuk membahas pemetaan potensi aset/sumber daya sesuai daerah/kabupaten CGP dengan dikaitkan pada kebermanfaatan di sekolah masing-masing CGP.
Feelings (Perasaan)
Setelah mempelajari modul mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya saya merasa senang khususnya dalam pemetaan aset/sumber daya pada masing-masing kabupaten dengan dikaitkan pada potensi/aset yang dapat ada di sekolah. Dengan mempelajari modul ini saya dapat belajar untuk mengelola sumber daya yang dimiliki dan cara pengelolaannya yang ada di sekolah dengan menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset (Asset Based Community Development/ABCD). Selain itu kita dapat mengetahui bagaimana kita sebagai pemimpin belajar mampu menemukan/mengidentifikasi, megelola dan mengevaluasi sumber daya yang dimiliki sekolah sebagai kekuatan yang dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid.
Findings (Pembelajaran)
Pada modul pengelolaan aset saya dapat belajar bagaimana mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ekosistem belajar sekolah, dalam modul ini saya juga belajar bagaimana mengelola aset/sumber daya yang dimiliki sekolah dengan menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset (Asset Based Community Development/ABCD) yang selanjutnya dapat melakukan pemetaan sumber daya tersebut dan melakukan evaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh murid sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran murid dan kualitas sekolah.
Future (Penerapan)