Lihat ke Halaman Asli

Kaseri

Guru SMA Negeri 1 Jombang

2.2.a.4.1.d. Eksplorasi Konsep Modul 2.2 - Kasus 4

Diperbarui: 24 Februari 2023   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

2.2.a.4.1.d. Eksplorasi Konsep - Kasus 4

Pengantar dan Latar Belakang:

Bapak Eling adalah seorang guru PPKN SMP selama lebih dari 15 tahun. 5 tahun belakangan, ia juga berperan sebagai wakil kepala sekolah bidang kemuridan. Selain mengajar PPKN, perannya sebagai wakil kepala sekolah memberikannya tanggung jawab untuk merancang kebijakan pendisiplinan murid, melakukan supervisi dan sebagai pendamping dalam kegiatan-kegiatan dan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan kemuridan. Pada bulan September, kepala sekolah menunjuk Bapak Eling sebagai ketua panitia perayaan ulang tahun sekolah.

Berikut kasus yang terjadi pada Bapak Eling yang pada akhir-akhir ini. Bacalah dan lakukan refleksi setelah membaca!

Setelah selesai memeriksa proposal acara perayaan ulang tahun sekolah, Bapak Eling mengirimkan proposal tersebut kepada kepala sekolah. Ternyata proposal yang dikirimkan oleh Bapak Eling dinilai tidak sesuai oleh kepala sekolah karena isinya harus sesuai dengan pengarahan awal yaitu agar acara lebih banyak melibatkan orang tua murid dan penyesuaian anggaran agar sesuai dengan budget yang diberikan sekolah. Bapak Eling tidak menyangka jika dia harus melakukan koreksi dan koordinasi ulang dengan tim acara. Revisi proposal tentu akan memakan waktu lagi dan Bapak Eling sudah membayangkan ini akan menghambat tugas-tugasnya yang lain. Bapak Eling mengungkapkan hal ini kepada panitia. Bapak Eling mengungkapkan bahwa dia tidak mau mengubah proposal dan meminta Wakil Ketua Panitia tersebut yang merevisi proposal.

Pertanyaan diskusi.

  1. Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas.
  2. Berdasarkan pemahaman tentang KSE keterampilan berelasi berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah Anda pelajari, bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda.

Jawaban:

1. Bapak Eling dihadapkan pada situasi kecewa dan capek. Kecewa karena dirinya tidak mampu menterjemahkan permintaan kepala sekolah, sehingga memperbaiki ulang proposal yang telah dikoreksi kepala Sekolah. Capek karena harus memperbaiki lagi proposal, yang akan meyita kembali waktunya. Padahal ia harus mengajar juga. Akhirnya Bapak Eling mendelegasikan wakil ketua panitia untuk menyelesaikan merevisi proposal tersebut.

2. Kompetensi Sosial Emosional yang diperlukan Bapak Eling adalah Pengambilan Keputusan yang Bertanggungjawab dan Keterampilan Berelasi.

Pengambilan Keputusan yang Bertanggungjawab, mutlak diperlukan sebagai bentuk tanggung jawab atas keteledorannya dalam menterjemahkan keinginan kepala sekolah. Keterampilan Berelasi, diperlukan karena dalam organisasi diperlukan timwork handal. Kemampuan bekerja sama dan mengesampingkan konflik akibat perbedaan, karena ini sangat dibutuhkan seorang pemimpin, mengatur emosi saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal yang harus dilakukan pak Eling adalah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline