Pada Modul 2.1.a.4.1 yaitu Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1 terdapat beberapa pertanyaan yang harus saya jawab sesuai pemahaman, dengan menyimak dua video yang disajikan pada Learning Management System (LMS) Pendidikan guru penggerak. Pertanyaan untuk diskusi daring antara lain:
1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
JAWAB:
VIDEO 1
Berdasarkan informasi pada video tersebut, untuk memetakan kebutuhan murid di kelas, haruslah memahami 3 aspek yaitu: Kesiapan belajar murid, Minat belajar murid, dan Profil belajar murid
Pemetaan kebutuhan murid tersebut, menjadi dasar menentukan startegi pembelajaran diferensiasi yang kita gunakan. Ada tiga strategi, antara lain:
- Diferensiasi Konten, Konten adalah materi yang diajarkan kepada murid. Perlu ada persiapan pemetaan kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid, agar bahan ajar yang disiapkan sesuai dan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh murid.
- Diferensiasi Proses, Ada beberapa skenario yang dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran, agar murid memahami materi. Kegiatan tersebut, bisa secara berjenjang dengan pertanyaan pemandu untuk menentukan minat masing-masing murid, membuat agenda individual masing-masing murid dimulai dari tugas umum ke tugas khusus, adanya variasi waktu menyesuaikan kebutuhan.
- Diferensiasi Produk, Setelah proses pembelajaran, produk tagihan/unjuk kerja yang diharapkan dari murid bisa berupa hasil tes, diskusi, pertunjukkan, pidato, diagram dan lainnya yang mencerminkan pemahaman murid. Hal yang dapat dilakukan untuk diferensiasi produk dapat dilakukan setelah melakukan pemetaan kebutuhan murid. Guru harus dapat mengetahui dan mengkomunikasikan indikator yang diharapkan dari produk yang ingin dicapai.
VIDEO 2
Berdasarkan video 2, beberapa informasi yang dapat saya tangkap adalah lingkungan belajar yang perlu disiapkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran berdiferensiasi.
- Kesuksesan dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi didukung oleh lingkungan belajar yang efektif.
- Iklim pembelajaran berdiferensiasi akan menimbulkan dampak yang positif, hubungan yang harmonis dan saling menghargai antar warga sekolah.
- Guru membantu memecahkan setiap masalah di kelas secara konstruktif.
- Tujuan dari pembelajaran berdiferensiasi adalah untuk memaksimalkan pertumbuhan potensi yang dimiliki oleh masing-masing murid menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.
- Guru harus dapat mencari tahu sejauh mana capaian murid serta memberikan pengalaman yang bermakna,
- Merancang pembelajaran yang menantang dengan tingkat yang telah disesuaikan.
2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
JAWAB:
- Gagasan baru yang saya peroleh adalah
- Dalam berdiferensiasi, guru dapat menentukan penilaian masing-masing murid sesuai kemampuannya.
- Lingkungan belajar sangat mendukung keberhasilan pembelajaran diferensiasi, guru harus membentuk atmosfer lingkungan kelas yang positif.
- Bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik dan kreatif,
- Bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, aman, dan menyenangkan bagi saya dan murid.
- Mengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat dalam kegiatan belajar di kelas.
3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?