Lihat ke Halaman Asli

Dwi Okta Nugraha

Blogger gado-gado Medioker di http://www.kasamago.com | dwioktanugroho.wordpress.com | twitter: @kasamago

Kendaraan Aman dan Nyaman di tangan Mekanik AHASS

Diperbarui: 5 November 2023   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Honda Bikers Day 2023 - AHM

Kehadiran sepeda motor sangat dirasakan masyarakat tanah air yang mendambakan adanya moda transportasi yang cepat, efektif, efisien dan dapat diandalkan kapan saja. Honda adalah salah satu pabrikan Jepang ternama yang sangat sukses berlaga di pasar sepeda motor tanah air sejak dekade 70-an. Produk-produknya segera disambut meriah, desainnya yang menarik dan kompak membuat Honda dengan cepat menguasai segmen sepeda motor dan bertahan hingga saat ini.

Bisa dipastikan, hampir seluruh rumah tangga di Indonesia memiliki sepeda motor bermerek Honda di garasinya. Tingkat determinasi dan kepuasan produk sepeda motor Honda yang begitu masif hingga ke pelosok bagaikan penyebaran aparat Babinsa ini tentu mengharuskan PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM Honda Motor Co di Indonesia, membangun jaringan after sales yang tersebar di seluruh Indonesia Pula.

Jaringan after sales yang meliputi servis dan penyediaan spare part itu popular dengan nama AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), nama beken dari bengkel resmi Honda.

Sejarah AHASS

Source : Astra-Honda.com

Tak kenal maka tak asyik, apalagi bagi para pemilik sepeda motor Honda yang rajin servis berkala di AHASS maka akan lebih terasa chemistry-nya jika mengetahui pula sejarah tempat servis kepercayaan berasal.

Jauh sebelum bernama AHASS, PT Astra Honda Motor masih bernama PT Federal motor yang didirikan pada 1971, jaringan after sales-nya mengandalkan kerja sama dengan bengkel umum yang ditunjuk resmi dan telah memenuhi standar kelayakan.

Barulah memasuki periode reformasi, Federal Motor digantikan oleh Astra Honda Motor, lalu pada tahun 2004 lahirlah jaringan bengkel resmi Honda yang bernama AHASS ini. Berdasarkan data, jumlah jaringan bengkel dan dealer AHASS di seluruh Indonesia mencapai 5.539 bengkel.

Menyandang gelar sebagai layanan servis resmi, tentu saja bengkel dan mekanik AHASS memiliki standardisasi SOP (Standard Operating Procedure) yang mumpuni, serta para mekanik AHASS yang sudah lulus pelatihan, pengujian, hingga mendapatkan sertifikasi.

Selain dua hal ini, SOP dan sertifikasi mekanik, ada hal lain yang menjadi nilai tambah bagi konsumen sepeda motor Honda memercayakan kendaraannya pada mekanik AHASS, yakni peralatan bengkel yang lengkap serta tempat yang bersih dan nyaman, jauh dari pemandangan bengkel motor pada umumnya yang biasanya penuh hiasan jelaga oli dan lautan peralatan bengkel.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline