Sebelum melakukan usaha yang perlu dilakukan analisis peluang terlebih dahulu, Pertama adalah melihat sumber peluang kemudian menganalisis tingkat keberhasilannya, menganalisis mengembangkan usaha, dan yang terakhir adalah menjaga keberhasilan usaha.
1. Mengenal Peluang Usaha
Tidak semua orang dapat peka terhadap peluang. Ada sebagian orang yang dapat peka terhadap peluang dan ada juga yang tidak. Namun anggapan tersebut tidaklah benar, karena tergantung dari daya imajinasi seseorang dalam mengenal peluang yang membuatnya mampu melihat suatu peluang dari sisi positif. Itulah bukti bahwa dengan merubah negative thinking menjadi positive thinking dapat memberikan dampak peluang baru (bagaimana memanfaatkannya dan bukan membuangnya). ada dua format yang mungkin dilakukan seseorang dalam usahanya mengenali peluang, yaitu:
1. See – do – get, dimana seseorang yang melihat (see) peluang untuk dilaksanakan (do) menjadi bisnis (get) yang menguntungkan (profit / sukses).
2. Do – see - get, dimana seseorang terlibat (do) dalam suatu bisnis, kemudian menemukan (see) peluang bisnis baru (get) yang menguntungkan.
2. Analisa Peluang Sebelum Menjadi Usaha
Untuk merubah peluang menjadi peluang emas, yang harus dilakukan adalah menganalisa peluang tersebut. Sudah berapa jauh tingkat kesuksesan dan kegagalannya di pasar bergantung pada pengintegrasian keempat hal yaitu, pesaing, persainganarah persaingan dan perubahan serta kebutuhan pelanggan. Bila peluang itu bersumber dari sebuah ide usaha yang diperoleh dari sebuah inspirasi, jangan pernah berpikir cukup. Ini baru peluang mentah atau proses awalnya saja. Oleh sebab itu, perlunya mengetahui ciri-ciri peluang apa yang potensial dan bisa dikategorikan sebagai peluang usaha.
Bagaimana sih ciri-ciri usaha yang potensial itu ?
a) usaha yang dibangun adalah usaha yang memiliki nilai jual yang tinggi atau potensial.
b) Tidak menjadikan usaha itu sebagai ambisi pribadi saja namun sifatnya haruslah nyata.
c) Usaha yang memiliki daya tahan yang lama di pasar.