Jika kita jajan di warung dekat rumah, atau makan siang di warung dekat rumah berarti kita sudah berkontribusi menjaga roda perekonomian agar terus berputar. Karena dengan membeli dan menggunakan produk UMKM, kita sudah ikut membantu para pelaku UMKM untuk bisa bangkit dan pulih di tengah ketidakpastian dimasa pandemi saat ini.
Hanya melalui ponsel, kini berbelanja produk-produk UMKM pun semakin mudah, kita bisa menelusuri berbagai produk UMKM se-Indonesia yang ada di marketplace atau media sosial. Tinggal pilih, bayar, lalu barang akan diantar ke tujuan lewat jasa kurir kepercayaan kita. Begitu juga jika kita akan mengirim barang atau paket, baik barang dagangan, berkas atau hadiah untuk saudara, teman dan sahabat kita bisa menggunakan jasa kurir.
Pelayanan jasa kurir di Indonesia kini semakin banyak bentuk dan ragamnya. Belum lama ini penulis menggunakan beberapa jasa pengiriman untuk mengirim, baik barang maupun berkas. Dari beberapa jasa pengiriman barang yang pernah penulis gunakan jasanya, ada salah satu jasa pengiriman yang membuat penulis tak ingin berpaling dan mencari jasa pengiriman yang lainnya.
Jasa pengiriman ini, selain harganya bersahabat, pelayanannya juga sangat memuaskan. Di jasa pengiriman ini juga ada pelayanan jemput barang. Jika kita malas keluar rumah untuk mengirim barang atau berkas, atau saat cuaca tidak memungkinkan kita untuk keluar rumah, kita tak perlu risau. Tinggal ketik nomor jasa pelayanan ini, maka kurir akan mengambil barang yang akan kita kirim.
Mengenai keamanan barang atau berkas kitapun tentu sudah pasti terjamin. Sebab berdasarkan pengalaman penulis, berkali-kali mengirimkan buku-buku yang penulis jual secara online, dimana para pembelinya tentu saja dari berbagai daerah. Alhamdulilah buku ataupun berkas-berkas atau barang yang penulis kirim sampai ke tempat tujuan denga tepat waktu dan dalam kondisi yang baik, harga juga terjangkau sesuai dengan jarak daerah yang kita tuju.
Jadi bagi teman-teman yang ingin mencari jasa pengiriman barang yang memiliki pelayanan dan harga yang terjangkau, jangan ragu untuk memilih JNE. Dalam Wikipedia PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TIKI) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.
Bermula dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.
Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.
Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TIKI dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.
Selama bertahun-tahun TIKI dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing. Karena ini kedua perusahaan tersebut menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri. JNE membuat logo sendiri yang membedakannya dari TIKI.
JNE membeli gedung pada tahun 2002 dan mendirikan JNE Operations Sorting Center. Kemudian pada tahun 2004 JNE membeli gedung untuk dijadikan Kantor Pusat. Keduanya berada di Jakarta. Saat ini kantor pusat JNE berada di Tomang Raya No 9 & 11 Jakarta Barat.