Lihat ke Halaman Asli

Geladi Hominisasi

Diperbarui: 21 Oktober 2022   19:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari Senin saya mendapatkan email mengenai tugas gladi hominisasi yang paling lambat dikumpul pada hari Jumat. Dalam email tersebut dikatakan bahwa terdapat dua tugas yang harus dikerjakan sebelum gladi yang bertujuan untuk menunjukkan kesiapan kita mengikut gladi hominisasii pada hari Minggu. Tugas pertama kita disuruh untuk memilih bagian syair yang menarik dalam lagu indonesia raya, dan sertakan alasannya. Tugas kedua kita disuruh memilih salah satu dari sepuluh pilihan film dokumenter yang menarik bagi kita dan menjawab beberapa pertanyaan yang telah diberikan. Saya membuat tugas tersebut pada hari Kamis karena pada hari- hari sebelumnya saya masih sibuk dengan tugas kuliah. Selama saya mengerjakan tugas pra geladi saya mendapatkan banyak sekali pemahaman dan pandangan baru. Dari tugas pertama saya jadi belajar untuk menganalisa lagu kebangsaan kita yang ternyata memiliki makna yang sangat dalam. Dari tugas kedua saya memilih video mengenai dokumenter lingkungan alam, melalui tugas tersebut saya belajar bahwa kita harus mulai memperhatikan lingkungan dan alam disekitar kita, saya sadar bahwa kita sebagai generasi muda harus menjaga dan melestarikan alam demi keberlangsungan bersama. 

Setelah mengerjakan tugas tersebut keesokan harinya saya mendapatkan email mengenai petunjuk teknis dan link zoom meeting yang akan digunakan saat hari h. Namun tidak hanya itu ternyata ada daftar kelompok untuk gladi hominisasi Saya melihat daftar tersebut dan saya mendapatkan kelompok no 13, ketika saya melihat daftar anggota kelompok saya tidak ada satupun mahasiswa saya saya kenal. Melihat hal itu saya mulai merasa takut karena saya merupakan orang yang pemalu ketika bertemu orang baru, dalam email tersebut disebutkan bahwa saat gladi nanti kita akan diberikan tugas kelompok dan harus mempresentasikan tugas tersebut. Untuk orang yang pemalu bagi saya hal itu sangat sulit bagi saya, harus berdiskusi dan berbagi pikiran dengan orang yang belum pernah bertemu dengan kita sebelumnya adalah hal yang menakutkan. 

Saat hari h saya bangun pagi dan sarapan agar saat gladi nanti saya bisa fokus hingga acara selesai. Gladi pun dimulai dengan pembukaan dari Bapak dan Ibu dosen MKU, terlihat beberapa dosen yang sudah saya kenal dan beberapa yang belum saya kenal. Bapak dan Ibu dosen menjelaskan bagaimana sistem acara nanti dan apa pentingnya mengikuti gladi hominisasi ini. Selain itu kita juga memainkan beberapa games quiziz bersama bu asnita dan bu ester. Lalu acara selanjutnya adalah berdiskusi dengan kelompok di breakout room. Saat saya masuk ke breakout room terasa kecanggungan antara kita dan hal itu wajar karena kita tidak mengenal satu sama lain. Namun terdapat dua anggota yang memulai perbincangan mereka juga mengajak kita untuk ikut dalam perbincangan tersebut. Lama kelamaan saya pun mulai mengikuti perbincangan dan secara tidak sadar kita mulai berdiskusi mengenai tugas kita. Kita mendapatkan tema hari Hari Perpustakaan Sekolah Internasional, kita mulai memikirkan konsep presentasi dan menyusun materi presentasi kita, tanpa sadar lama kelamaan kami mulai berdiskusi dengan natural dan tidak ada seorangpun yang malu dalam menyampaikan ide masing masing, dan kita mulai berlatih untuk presentasi. Waktu diskusi kita pun telah berakhir kita kembali ke main room untuk diberikan arahan. Lalu kita kembali ke breakout room yang telah dibagikan, disana kita harus presentasi bersama 2 kelompok lain. Presentasi kita dinilai oleh bu asnita dan bu anggi, untuk dipilih kelompok mana yang akan mewakili presentasi di main room. 

Semua kelompok pun telah presentasi dengan baik, lalu setiap kelompok mendapatkan masukan mengenai presentasi yang telah dilakukan. Lalu kelompok 14 dipilih sebagai perwakilan kelompok yang akan presentasi. Kami kembali ke main room dan menyaksikan presentasi dari kelompok perwakilan, materi dan cara penyampaian dari masing masing kelompok sangat baik. Acara pun dilanjut dengan memilih pemenang dan pengumuman pemenang. Setelah itu rangkaian acara selesai dan diakhiri dengan doa dan foto bersama. Dari gladi hari itu saya mendapatkan banyak sekali pengalaman, dari yang awalnya saya sangat takut untuk mengenal orang ternyata hal tersebut tidak semenyeramkan itu, lalu saya juga jadi mengenal orang orang baru, dan mendapatkan sudut pandang baru. Selain itu saya juga mendapatkan berbagai informasi mengenai hari hari penting yang diperingati selama bulan oktober. Saya mendapatkan insight yang sangat banyak dan berguna untuk saya kedepannya. Selain itu Bapak dan Ibu dosen juga sangat seru selama proses gladi jadi saya tidak merasa bosan selama kegiatan berlangsung. Saya berharap semoga dengan saya mengikut gladi ini, saya dapat meningkatkan kualitas diri saya dan dapat selalu belajar mengenai hal hal dan pengalaman baru. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline