Lihat ke Halaman Asli

Potensi Manusia dalam Pengembangan IPTEK

Diperbarui: 4 Juli 2024   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Islam dan ilmu pengetahuan mempunyai ikatan yang sangat erat dan tak terpisahkan. Dalam sudut pandang Islam, pencarian ilmu adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap individu, sebagaimana yang tercermin pada banyak ayat Al-Quran dan Hadist Nabi Muhammad Saw. Beberapa ayat Al-Quran tentang mencari ilmu yaitu:

1. QS. Al-Mujadalah Ayat 11

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan."

Ayat menunjukkan pentingnya kewajiban mencari ilmu. Dalam QS. Al-Mujadalah menjelaskan bahwa orang-orang yang beriman dan memiliki ilmu akan diberikan derajat yang lebih tinggi oleh Allah Swt. Ayat ini menunjukkan pentingnya ilmu pengetahuan dalam Islam serta manfaat yang didapat bagi mereka yang mengejar dan mengamalkannya. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu adalah salah satu cara untuk mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Allah Swt.

2. QS. Al-Alaq Ayat 1-5

Artinya: "(1) Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, (2) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. (3) Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia. (4) Yang mengajar (manusia) dengan pena. (5) Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya."

Makna dari ayat-ayat ini terkait dengan mencari ilmu mencakup beberapa aspek penting. Pertama, ayat ini mengandung perintah untuk membaca dan belajar yang merupakan simbol dari kegiatan mencari ilmu. Kedua, ayat ini mengingatkan kita akan asal usul manusia yang sederhana, dari segumpal darah, yang mengajarkan kerendahan hati dalam menyimpan ilmu.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun manusia berasal dari sesuatu yang sederhana, melalui ilmu dan Pendidikan mereka dapat mencapai derajat yang tinggi. Ketiga, ayat ini menekankan keutamaan ilmu dan kemuliaan Allah Swt. Allah Swt. mengajarkan manusia melalui pena yang merupakan salah satu alat utama untuk menyebarkan dan mengabadikan ilmu. Allah mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya dengan menunjukkan bahwa segala pengetahuan berasal dari-Nya.

3. QS. Al-Hud Ayat 14

Artinya: "Maka jika mereka tidak memenuhi tantanganmu, maka (katakanlah), "Ketahuilah, bahwa (Al-Quran) itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (masuk islam)?"

Ayat ini menegaskan bahwa Al-Quran diturunkan berdasarkan ilmu Allah yang meliputi segala sesuatu. Al-Quran mengajarkan bahwa ilmu yang sejati bersumber dari Allah dan menuntut kita untuk berserah diri kepada-Nya. Mempelajari Al-Quran dan ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya adalah bagian dari ibadah kita kepada Allah dan cara untuk memahami kehendak-Nya serta memperkuat iman kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline