Lihat ke Halaman Asli

Kartika FajrianaDewi

Guru Bimbingan Konseling

Tips Menghadapi Semester Baru

Diperbarui: 6 Januari 2023   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Waaaah tinggal menghitung hari nih kita akan masuk sekolah. Kira-kira apa saja yaaa yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi semester baru, tentunya dengan semangat yang baru yaaa. Nah, disini saya akan memberikan beberapa tips untuk menghadapi semester baru, diantaranya :

1. Membuat list untuk materi yang akan dipelajari di semester yang akan datang. Dengan membuat list ini, kita bisa membuat target materi apa saja yang akan dipelajari.

2. Mulai mempelajari materi semester yang akan datang. Tidak perlu belajar semua materi terlebih dahulu, pelajari materi-materi awal saja.

3. Evaluasi semester sebelumnya. Tips ini gak kalah penting karena kita bisa mengetahui kesalahan dan kekurangan kita di semester sebelumnya. contohnya seperti kurang menyediakan waktu belajar sehingga hasil belajarnya dirasa kurang maksimal. 

4. Menanamkan motivasi dan semangat baru. Nah, setelah kita tahu kesalahan dan kekurangan kita pada semester sebelumnya kita bisa memulai semester baru ini dengan motivasi dan semangat yang baru agar bisa lebih baik lagi dari semester sebelumnya. Tanamkan niat agar kita bisa memperoleh hasil yang lebih baik dari semester sebelumnya. 

5. Buat Study Planner. Tugas utama seorang siswa adalah belajar, pelajar di indonesia harus menguasai begitu banyak macam pelajaran belum lagi banyak tugas dan PR dari gurunya. Maka, sebagai solusi dari masalah ini pelajar bisa membuat study planner baik itu menggunakan aplikasi ataupun dibuat secara manual. Adapun contoh aplikasi study planner yang ada seperti : Chipper, Egenda, My Study Life, Power Planer, dsb. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk mengatur waktu belajar, mengingatkan ujian yang akan datang dsb, agar kita tidak lupa. 

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=6ABXBXpjYh8&t=453s 

https://urbandigital.id/aplikasi-study-planner-android-untuk-tingkatkan-prestasi-di-sekolah/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline