Lihat ke Halaman Asli

Kartika Dewi

Universitas Negeri Jakarta

Peradaban Indonesia di Tengah Arus Modernisasi dan Globalisasi

Diperbarui: 22 Maret 2023   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peradaban adalah perkembangan budaya yang telah mencapai tingkat tertentu, yang diperoleh manusia dan mencakup semua kehidupan, baik sosial, ekonomi, politik, dan teknis. Sementara itu, budaya adalah sesuatu yang muncul dari keinginan dan hasrat yang lebih murni yang melampaui tujuan praktis dari hubungannya dengan masyarakat. 

Dengan demikian, peradaban adalah tahapan dan capaian kebudayaan tertentu yang ditandai dengan tingkat kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Jadi dapat dikatakan bahwasannya manusia memiliki peradaban yang berbeda satu sama lain dan dalam konteks kehidupan masyarakat, daerah atau negara, peradaban sangatlah relatif. 

Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang telah dicapai oleh suatu masyarakat merupakan hasil dari modernisasi dan globalisasi yang terjadi. Oleh karena itu modernisasi dan globalisasi termasuk kedalam bentuk perubahan sosial. 

Modernisasi adalah perubahan sosial yang mengacu pada perubahan masyarakat dari tradisional menuju modern dengan berusaha untuk berkembang ke arah yang lebih progresif. Proses ini menjadikan kehidupan masyarakat mengikuti tatanan kekinian yang menunjukkan perkembangan di berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, politik.

Sedangkan globalisasi adalah perubahan sosial yang mempengaruhi dunia dan mengarah pada integrasi global. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang ekonomi merupakan salah satu faktor dibalik terjadinya globalisasi. Perubahan tersebut mempengaruhi kehidupan masyarakat, sehingga jelas dapat atau tidak dapat diterapkan dan diterima dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kebutuhannya. 

Seorang kolumnis, Thomas Friedman, mengatakan di era globalisasi ini "The World is Flat" maksud dari flat yang disini adalah dunia menjadi satu dimana semua orang dari seluruh penjuru dunia dapat berinteraksi melalui teknologi internet.  Arus modernisasi dan globalisasi merupakan sesuatu yang pasti terjadi dan sulit dikendalikan. 

Modernisasi dan globalisasi juga memberikan dampak besar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dampak ini dapat bersifat positif maupun negatif. Indonesia adalah negara majemuk dengan keragaman agama, suku, budaya, bahasa, adat istiadat dan tradisi sebagai ciri khas setiap daerah. Sehingga masuknya budaya asing yang disebabkan oleh globalisasi dapat mengancam eksistensi budaya asli Indonesia.

Dampak globalisasi terhadap benturan peradaban dan budaya mengandaikan perkembangan informasi dan teknologi sebagai salah satu dampak modernisasi. Modernisasi yang didukung oleh kebijakan industrialisasi dan ekonomi pasar berpuncak pada kemenangan kapitalisme global. Situasi inilah yang menyebabkan munculnya negara kaya dan negara miskin dan menimbulkan sensitivitas dunia. 

Semua aspek pembangunan yang baik dan sukses tampak berorientasi pada Barat, dan nilai-nilai yang diakui secara global adalah nilai-nilai yang diturunkan dari Barat seperti demokrasi, neoliberalisme, dan budaya populer. Sehingga dapat dipahami bahwa kebudayaan Barat bukanlah tentang agama dan bahasa, melainkan tentang modernisasi yang sedang mendunia.

Realitas kehidupan yang berada di bawah pengaruh modernisasi dan intensitas globalisasi yang tinggi mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia yang dahulu terkenal dengan akhlak mulianya, kini telah diracuni oleh ide-ide yang datang dari luar. 

Dalam situasi yang sama, masuknya jaringan informasi digital internasional yang membawa kehidupan berdasarkan penggabungan berbagai ideologi, seperti kapitalisme, liberalisme, materialisme, pragmatisme, dan hedonisme, telah berubah menjadi sosok-sosok pencari sensasi kehidupan melalui jaringan cyber multimedia space berteknologi digital. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline