Edutainment memiliki arti gabungan dari 2 kata yaitu pendidikan dan hiburan. Maksudnya adalah pembelajaran yang menghibur dan menyenangkan. Edutainment merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan bagaimana cara membuat suatu pembelajaran di kelas terasa lebih menyenangkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri. Tujuannya adalah agar siswa bisa mengikuti dan mengalami proses pembelajaran dalam suasana yang gembira, menyenangkan, menghibur, dan mencerdaskan serta lebih bisa meningkatkan pemahaman siswa.
Dalam pembelajaran edutainment dapat dilakukan dengan berbagai cara menarik, yaitu menggunakan media pembelajaran seperti puzzle, flascard atau alat peraga lainnya. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah semua alat yang digunakan untuk menarik perhatian siswa dan merangsang pikiran, perasaan siswa untuk mendorong terciptanya proses belajar yang aktif. Pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Media puzzle merupakan suatu media pembelajaran berupa potongan potongan gambar yang disusun hingga terbentuk menjadi gambar yang utuh. Pemilihan media puzzle selain menarik dan dapat memusatkan perhatian siswa, manfaat media puzzle adalah dapat melatih nalar atau dapat menggali kreativitas siswa dalam membaca permulaan. Siswa akan lebih mudah untuk mengeluarkan ide-idenya menjadi bisa membaca permulaan. Manfaat bagi guru dalam penggunaan media puzzle adalah suatu tindakan inovasi baru karena dalam penggunaan media gambar yang disajikan dalam bentuk puzzle.
Simulasi pembelajaran edutainment dilakukan pada hari Rabu, 24 April 2024 di kelas IV SD Negeri Sawunggaling mengenai materi IPAS Bab 6 "Indonesiaku Kaya Budaya".
Tahapan dari pembelajaran antara lain :
a. Kegiatan pembelajaran diawali dengan berdoa, kemudian dilanjutkan dengan menanyakan kabar melalui ice breaking.
b. Kemudian dilanjut menanyakan kabar, disampaikan materi mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia. Pada saat penyampaian materi, disampaikan juga lagu pembelajaran yang berkaitan dengan materi. Lagu tersebut berisi mengenai nama-nama suku bangsa yang ada di Indonesia beserta daerah asalnya.
Suku di Indonesia (Naik Becak)
Mari kita belajar