Lihat ke Halaman Asli

Kartika Kariono

Ibu Rumah Tangga

3 Amalan di Bulan Ramadan yang Enak

Diperbarui: 6 April 2022   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Buka Puasa (Sumber :Kompas.com)

 "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa".

-(Q.S. Al Baqarah [2]:183)-

Bagi umat Islam, bulan ramadan bulan istimewa,selain adanya kewajiban berpuasa selama sebulan penuh sebagaimana diperintahkan Allah. 

Di bulan ini juga Allah menjanjikan sebagai  bulan penuh ampunan, ganjaran segala  ibadah di bulan ramadan akan dilipatgandakan. Saatnya kita berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan memohon ampunan atas segala dosa dengan perbanyak amalan di bulan ramadan.

Ibadah itu juga seringkali dianggap beban, tapi ada loh aktifitas yang enak dianggap amanal di bulan ramadan sebagai ladang menabur benih-benih pahala.

 Apa saja, yok simak.

1. Makan dan Minum

Ramadan wajib untuk berpuasa, kok bisa makan malah menjadi amalan di bulan ramadan?.  

Umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh itu dari subuh sampai magrib. Dari Magrib sampai subuh ya kita boleh makan. Bahkan sunah bagi kita untuk menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur. 

Tentu saja menyegerakan berbuka maksudnya jika waktu magrib telah tiba. Kita yang tengah menjalankan puasa dilarang dengan sengaja menunda-nunda berbuka. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline