Lihat ke Halaman Asli

Kartika Kariono

Ibu Rumah Tangga

Masa Pandemi Covid 19, Ngabuburit Ngapain Aja?

Diperbarui: 4 Mei 2020   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Al Bayt Al Quran Akbar Palembang (Sumber:www.deddyhuang.com)

Menjalani puasa selama masa pandemi covid 19 tentu saja berbeda tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya kita dapat melakukan ngabuburit  sebuah istilah yang sering dipelototi para orang tua kalo budak Plembang yang ngomong. padalah istilah itu kan maksudnya  kegiatan menunggu waktu puasa. 

Local wisdom di Palembang malah mengenal kegiatan setelah subuh dengan sebutan asmara subuh. Diriku tidak mengenal istilah di Palembang sebagai padanan kata aktifitas menghabiskan waktu menjelang berbuka. Sepertinya budaya ngabuburit ini berkembang di masa sekarang, setelah buka bersama di luar rumah menjadi budaya baru pada masyarakat Sumsel. 

Karena sependek ingatanku, dulu susah sekali untuk mengajak teman-teman bertemu ba'da ashar. Karena itu waktu sudah harus di rumah untuk buka bersama di rumah. 

Tetapi sejak maraknya trend bukber di luar, justru keluarga besar sengaja ke tempat makan dan keluar dari rumah justru sebelum magrib, bahkan sengaja mendatangi tempat rekreasi termasuk wisata religi yang banyak terdapat di Palembang.  

Tapi, tahun ini dengan kebijakan phyiscal distancing kegiatan itu tak bisa dilakukan lagi. Buka puasa dan kegiatan menjelang buka puasa seharusnya kembali ke budaya lama, untuk merekatkan kembali hubungan dengan keluarga. Tapi pergeseran karakter masyarakat kita yang semakin berkurang sifat komunalnya 'kan tidak semudah itu untuk balik lagi toh?.  

Ada banyak kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menghabiskan waktu menunggu waktu magrib, selain gegloleran pegang handphone aja. Eh, pegang hanphone juga kan sekarang banyak aktifitas yang dapat dilakukan juga ya. 

Beberapa alternatif ngabuburit buat generasi kreatif diantaranya: 1. Berdoa dan Berzikir, masa pandemi covid 19 ini seharusnya kita semakin mendekatkan diri dengan maha pencipta.  

Meski kita tidak dapat menghabiskan waktu di RumahNYA, banyak ibadah yang dapat dilakukan di rumah seperti tadarus, zikir dan tentu saja berdoa. 

Menjelang magrib termasuk waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Tidak ada salahnya sengaja meluangkan saat-saat menjelang magrib untuk memperbanyak ibadah. (Itu murni pemikitan dari diriku?, nggakkok  he he.. itu isi pesan WA yang dikirim ustadzah dari majelin taklim. Maaf copas, sekadar mengingetkan)

2. Belajar Daring. Banyak sekali pelatihan online gratis (sedihnya sejak ada kebijakan kartu pra kerja malah jadi ada tarif, wkk.. wwk..curcol) yang dapat kita ikuti.  Bahkan webinar juga bukan hanya menggunakan aplikasi meeting online, ada juga melalui Live IG, live FB, Live Youtube. 

Bahkan Kompasianer Palembang (Kompal) saja sudah beberapa kali melakukan webinar dengan berbagai tema, follow aja IG nya buat tahu kegiatan selanjutnya.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline