Lihat ke Halaman Asli

Karisa

MAHASISWA

Pengaruh Pembelian Makanan Online Terhadap UMKM

Diperbarui: 23 Juni 2023   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Seiring berjalannya waktu, berbagai hal di dunia mengalami perkembangan termasuk di dalam dunia bisnis yang terus berkembang setiap harinya. Menurut  (Hendra,2019), mengatakann bahwa bisnis kecil sampai besar pun mulai memanfaatkan penggunaan teknologi informasi yang sedang berkembang pesat saat ini. Pesaing yang semakin banyak pun menjadi salah satu hal yang perlu diperhatian oleh para pemilik usaha sehingga mereka harus mampu membuat strategi pemasaran serta memilih penggunaan media yang tepat agar dapat meraih pasar yang dituju sehingga angka penjualannya pun semakin meningkat dan memberikan keuntungan (Azlam, 2018).

Berbagai cara dilakukan oleh para pelaku bisnis agar usaha yang mereka jalankan dapat terus bertahan di tengah-tengah ketatnya persaingan bisnis era sekarang. Setiap pelaku bisnis harus dapat membuat strategi pemasaran yang baik agar usahanya dapat tetap bertahan dan terus berkembang, karena sukses atau gagalnya suatu usaha dapat dilihat dari bagaimana cara pelaku usaha memasarkan produknya. Banyak pelaku usaha mulai memanfaatkan adanya digital marketing sebagai alat dalam memasarkan produk-produknya. Digital marketing dimasa sekarang membuat masyarakat harus melek teknologi  (Fatimah, 2019). Selain itu, penggunaan digital marketing sendiri sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha di Indonesia seiring perkembangan zaman dan meningkatnya pengguna internet terutama pada generasi Z (Neufeld, 2022).

Internet marketing adalah suatu bentuk kegiatan pemasaran yang menggunakan internet sebagai media pemasarannya guna mendapatkan keuntungan (Harto, 2019). Apabila kita sudah mendapatkan loyalitas pelanggan, maka ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelaku bisnis atau UMKM diantaranya meningkatkan Brand Awarness yang akan adanya pengakuan dari pada konsumen atau pelanggan akan suatu brand. Pengakuan dari para pelanggan yang memiliki loyalitas karena pihak pengelola UMKM yang selalu membangun dan memelihara hubungan baik dengan para konsumennya. Seiring berjalannya waktu dengan memelihara hubungan baik dengan para pelanggan atau konsumen juga dapat meningkatkan citra baik bagi perusahaan atau dalam hal ini ialah UMKM.

Pemasaran melalui internet dapat membangun dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan. Pemasaran secara online merupakan aktivitas-aktivitas yang dilakukannya tidak dilakukan secara langsung. Melainkan aktivitas itu dilakukan melalui berbagai media modern dengan memanfaatkan internet sebagai sarana dalam berkomunikasi. Media modern yang dimaksud seperti membuat akun WhatsApp yang dikhususkan untuk menerima berbagai macam kritik dan saran dari para pelanggan mengenai produk yang dipasarkan. Sehingga terjadinya pertukaran ide dan bahan evaluasi bagi pihak pengelola usaha maupun UMKM.

Pemahaman Mengenai Pembelian Makanan Online

Penjelasan mengenai Makanan

Menurut WHO (World Health Organization) Makanan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia setiap saat dan dimanapun serta memerlukan pengelolaan yang baik dan benar agar makanan yang dikonsumsi dapat bermanfaat bagi tubuh (Ratih , 2022). Memilih makanan sangat penting bagi kita, karena dampak yang ditimbulkan sangat berpengaruh bagi diri kita sendiri. Apakah makanan tersebut bermanfaat bagi tubuh kita atau justru sebaliknya. Akan tetapi tidak sedikit remaja di luar sana yang masih suka dalam memilih makanan bahkan menolak makanan yang diberikan karena alasan tertentu. Banyak sebagian orang lebih menyukai makanan yang sudah familiar atau akrab dengan keseharian mereka dan keakraban sering dikaitkan dengan tradisi yang dianut keluarga mereka (Cahya, 2021).

Setiap orang mempunyai pilihan makanan yang berbeda terutama pada usia remaja. Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju usia dewasa. Rentang usia remaja adalah sepuluh sampai dua puluh empat tahun serta belum menikah (Neufeld, 2022). Setiap remaja berasal dari berbagai daerah dan memiliki karakteristik, sehingga perilaku dan kebiasaannya juga berbeda. pemilihan makanan merupakan bagian proses dalam memilih makanan untuk dikonsumsi dari hasil pengaruh persaingan, penguatan, dan interaksi berbagai faktor. Menurut (kian, 2022), dalam pemilihan makanan ada tiga faktor yang menentukan dan mempengaruhi diantaranya karakteristik individu yang terdiri dari usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan kondisi psikologis. Karakteristik makanan yang meliputi sifat organoleptik makanan, mudah dicerna, metode penyiapan makanan, dan ketersediaan makanan. Sedangkan karakteristik lingkungan yaitu suhu. Ada banyak faktor yang menentukan preferensi makanan diantaranya, agama, jenis kelamin, usia, fisiologis perubahan, faktor psikologis, penggunaan simbolis makanan, tabu, prestise sosial, dan faktor ekonomi mempengaruhi preferensi makanan di semua budaya (Cahya, 2021). Ada beberapa faktor yang diperkirakan dapat mempengaruhi pemilihan makanan seseorang, yaitu Kesehatan, harga, kenyamanan, dan rasa.

Pada kalangan remaja, konsumsi makanan cepat saji, minuman ringan dan gula lebih banyak diminati daripada mengkonsumsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh mereka. Remaja laki-laki cenderung memiliki asupan energi yang lebih tinggi termasuk lemak dan protein. Sedangkan remaja perempuan lebih memilih untuk mengkonsumsi buah dan sayuran.

Penjelasan mengenai Makanan Online

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline