Lihat ke Halaman Asli

Jenis Alat Musik Tradisional dari Pulau Jawa

Diperbarui: 28 September 2018   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

alat musik tradisional angklung

Pulau jawa sangat dikenal dengan adat dan budayanya yang khas. Salah satunya adalah kesenian alat musik yang menjadi salah satu daya tarik kebudayaannya. Bahkan beberapa alat musik masih dijaga kelestariannya hingga sekarang. Kita masih bisa menikmati berbagai kesenian alat musik tradisional dari pulau Jawa dalam beberapa pertunjukan acara pernikahan, keagamaan, ritual, dan lain sebagainya. Untuk itu pada pembahasan kali ini akan dijelaskan beberapa jenis alat musik tradisional dari Pulau Jawa yang akan menjadi bahan ilmu pengetahuan kita.

1. Alat Musik Angklung


Alat musik yang satu ini sangat terkenal akan suara musiknya. Bahkan suara merdunya sukses menjadi terkenal hingga kancah internasional. Alat musik yang berasal dari Provinsi Jawa Barat ini terbuat dari susunan bambu dengan cara memainkan digerak-gerakkan hingga menghasilkan paduan bunyi yang merdu.

Alat musik angklung termasuk ke dalam jenis alat musik ideophon yang dapat menghasilkan beberapa suara berdasarkan masing-masing nadanya. Dengan ukuran dan nada yang bermacam-macam, alat musik ini harus dimainkan oleh beberapa orang pemain musik. Suaranya yang khas sangat menjadi daya tarik salah satu jenis alat musik ini

2. Alat Musik Gamelan

Pasti bagi sebagian orang gamelan menjadi salah satu jenis alat musik yang paling terkenal. Salah satu kesenian khas Jawa Tengah ini memiliki beberapa bagian dengan masing-masing peranan dan nadanya. Misalnya saja seperti gong, kenong, saron, kendang, bonang, demung, peking,dan lain sebagainya.

Gamelan termasuk ke dalam jenis alat musik yang bernada pentatonis. Sesuai kegunaannya, jenis alat musik ini sering digunakan dalam berbagai macam pertunjukkan kesenian khas Jawa. Seperti contohnya pengiring tarian tradisional, acara pernikahan, pertunjukan wayang, dan masih banyak pertunjukan seni Jawa yang lainnya.

3. Alat Musik Tehyan

Sebagai daerah yang terkenal dengan adat betawinya, DKI Jakarta ternyata mempunyai salah satu jenis alat musik yang menjadi ciri khasnya. Alat musik tehyan ini berbentuk seperti biola dengan cara memainkannya pun hampir sama yaitu dengan cara digesek. Tehyan sering digunakan sebagai alat musik pendukung berbagai kesenian Jakarta.

Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi beberapa pertunjukan khas tanah Betawi. Seperti misalnya kesenian Marawis, Gambang Kromong, Kroncong Tugu, dan kesenian Tanjidor. Semua kesenian tersebut sangat menjadi ciri khas masyarakat Betawi. Dengan tentunya diiringi dengan alat musik Tehyan sebagai ornamen pendukungnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline