Lihat ke Halaman Asli

Gerakan Mahasiswa Menuju Makna Sehat untuk Anak-anak melalui Show and Tell TIKKOPH BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Diperbarui: 22 Juni 2024   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TIKKOPH bersama RW 1 Kalisari

Kerjasama TIKKOPH & RW 1 Kalisari/dokpri

TIKKOPH atau Tim Komunikasi of Public Health merupakan kegiatan edukasi kesehatan yang ditujukan pada anak-anak usia 5-12 tahun. Program kerja ini dilakukan oleh sebuah klub dibawah naungan Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Dengan mengusung tema "Makna Sehat untuk Anak Usia Dini", kegiatan ini ingin memberikan makna akan pentingnya menjaga kesehatan bagi anak-anak dengan memberikan edukasi terkait pentingnya bertubuh sehat serta cara untuk tetap sehat. Tidak hanya itu, kegiatan ini merupakan wadah pengembangan mahasiswa guna mampu mengimplementasikan materi yang di dapat selama berkuliah. Sasaran tempat dari kegiatan TIKKOPH adalah daerah di sekitar Universitas Airlangga dengan maksut mempererat kerjasama dan menjalin hubugan baik bersama masyarakat sekitar. Pada tahun 2024 ini, kegiatan tersebut telah berhasil melakukan kerjasama dengan daerah RW 1 Kalisari, Mulyorejo, Surabaya.

Senam bersama di SAT TIKKOPH/dokpri

Bermain dan Pemberian Bingkisan di SAT TIKKOPH/dokpri

TIKKOPH memiliki 4 rangkaian kegiatan dalam mewujudkan gerakan sehat pada anak-anak yang meliputi Opening, Create a Smart Generation (CSG), Show and Tell (SAT), dan Closing. Edukasi disampaikan dengan pendekatan pembelajaran interaktif yang inovatif serta dikemas dalam konsep yang menarik, menyenangkan, dan menyehatkan. Cara pengajaran pada anak-anak memiliki karakteristik ersendiri karena mengingat usia anak-anak yang sangat aktif dan masih dalam tahap pertumbuhan. Pengemasan edukasi yang disampaikan tidak hanya sekedar memaparkan materi saja, tetapi melalui Show and Tell (SAT) edukasi yang diberikan juga berupa praktik lapangan perilaku bersih dan sehat. Kegiatan SAT dilaksanakan pada Jumat, 21 Juni 2024 di Balai RW 1 Kalisari Surabaya yang diikuti oleh para anggota Ibu PKK, orang tua, dan anak-anak di daerah tersebut. SAT merupakan bentuk penjabaran langsung dari materi yang sampaikan pada kegiatan CSG sebelumnya. Menyesuaikan dengan tema yang diangkat, maka materi yang dipaparkan membahas secara menyeluruh terkait faktor-faktor sehat yang ditinjau dari kesehatan ligkungan, fisik, dan sosial atau mental. Dikemas dengan menarik dan disesuaikan untuk anak-anak supaya mudah dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan SAT ini berisi beberapa rangkaian kegiatan yang meliputi senam, edukasi & praktik cuci tangan, permainan memilah sampah organik & non organik, permainan kartu makanan sehat, kolase dari bahan organik, serta penerapan three magical key words yaitu "tolong", "maaf", dan "terimakasih".

Permainan kartu makanan sehat/dokpri

Klub TIKKOPH BEM FKM UNAIR 2024/dokpri

Anak-anak sangat aktif dalam mengikuti rangkaian acara Show and Tell dari awal hingga akhir. Anggota klub TIKKOPH juga berupaya memberikan edukasi kesehatan dengan semaksimal mungkin supaya anak-anak dapat menerima apa yang disampaikan dan mempraktikannya di kegiatan sehari-hari mereka nanti. Para anggota klub saling bekerjasama menciptakan atmosfer yang menyenangkan, aktif mendampingi pergerakan anak-anak, berkomunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami, dan mempererat hubungan baik dengan para warga. Tanpa dukungan penuh dari pihak RW 1 Kalisari yang meliputi anggota Ibu PKK, para warga, anak-anak yang aktif, serta pihak lainnya yang tidak bisa sebutkan satu-persatu, kegiatan ini tidak akan bisa terselenggara dengan lancar sepenuhnya. Senang rasanya menjadi bagian dari TIKKOPH BEM FKM UNAIR, mengabdi bersama untuk mengabadikan makna sehat dan cinta didalamnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline