Lihat ke Halaman Asli

KKN MBKM Riset Psikologi Menyelenggarakan Psikoedukasi mengenai Efikasi Diri bagi Siswa SMAN 8 Surakarta

Diperbarui: 27 November 2023   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Surakarta,  18 Oktober 2023

Dalam rangka mengabdikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat, Kelompok KKN MBKM Riset Program Studi Psikologi dengan giatnya menyelenggarakan program psikoedukasi yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa SMAN 8 Surakarta dalam melanjutkan pendidikan tinggi.

Program KKN dimulai dengan langkah administratif, di mana peneliti memulai proses administrasi di Cabang Dinas Surakarta untuk mengurus izin pengabdian. Setelah mendapatkan izin, kelompok ini menyusun program yang berfokus pada efikasi diri siswa dalam konteks rencana studi lanjutan ke perguruan tinggi.

Pada tanggal 18 Oktober 2023, program psikoedukasi diadakan di SMAN 8 Surakarta dengan melibatkan 61 siswa. Program ini terdiri dari seminar, pemutaran video, dan pre-test & post-test, dan FGD yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait self-efficacy (efikasi diri). Melalui program ini, siswa terlihat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan, terutama dalam sesi open discussion.

Sesi Focus Group Discussion (FGD) juga diadakan dengan membagi peserta ke dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan minat karir dan tantangan dalam menentukan pilihan karir. Meskipun beberapa peserta aktif dalam diskusi, masih terdapat peserta yang merasa kesulitan menentukan minat karirnya.

Post-test yang dilakukan setelah psikoedukasi menunjukkan perubahan signifikan pada minat siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Dari 61 siswa yang mengikuti, terdapat peningkatan minat untuk melanjutkan pendidikan tinggi berdasarkan hasil post-test dibandingkan dengan pre-test. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 40 siswa ingin melanjutkan pendidikan tinggi, sementara 21 siswa tidak memiliki minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, setelah program psikoedukasi tentang Self-Efficacy, terlihat peningkatan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi dalam hasil post-test.

Program ini membawa perubahan positif dalam sikap dan minat siswa terhadap pendidikan tinggi, menunjukkan pentingnya pemahaman tentang efikasi diri dalam mencapai tujuan pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline