Lihat ke Halaman Asli

Cara Memasarkan Produk di Masa Pandemi

Diperbarui: 13 Januari 2021   18:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Akhir-akhir ini wabah covid semakin meluas ke berbagai penjuru dunia. Wabah covid pun sudah ditetapkan sebagai pandemi yang mengancam berbagai macam sektor pekerjaan salah satunya adalah para penjual. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini Tentu tidak sedikit penjual yang terkena dampaknya. dikarenakan konsumen yang dibatasi untuk melakukan aktifitas diluar rumah sehingga para penjual yang biasanya menjual produk secara offline mengalami penurunan yang sangat drastis. 

secara tidak langsung di masa seperti sekarang membuat konsumen lebih sering menggunakan gadget untuk bersosialisasi hingga untuk berbelanja kebutuhan pada media online. untuk itu para penjual harus bisa memanfaatkan hal tersebut untuk tetap meningkatkan penjualan produk dimasa  pandemi seperti sekarang ini. berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk di masa pandemi :

  • Memaksimalkan penjualan produk secara online.
    Misalnya membuat platform atau aplikasi pembelian online yang dapat di akses dengan mudah oleh pelanggan. atau penjual dapat memanfaatkan ecommerce maupun layanan pengantaran online.
  • Membuat produk menjadi relevan.
  • Siasati penjualan anda menjadi produk yang relevan dengan situasi pandemi. misalnya anda mempunyai bisnis salon, anda bisa menjual produk perawatanya seperti lulur, masker dan lain - lain secara online.
  • Giving atau Ber empati.
  • Penjual bisa menyumbangkan sebagaian hasil dari penjualan untuk masyarakat terdampak atau membeli peralatan medis. maka dari itu pelanggan akan menilai bahwa bisnis anda bukan hanya sekedar mencari profit tetapi juga bermanfaat bagi sesama.
  • Menjaga komunikasi.
  • Aktif dalam menginformasikan apa yang perusahaan lakukan untuk mencegah penularan virus. seperti menyeterilkan produk - produk yang anda jual. hal itu dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan konsumen bahwa perusahaan anda peduli terhadap kondisi saat ini.
  • Memperbanyak promosi.
  • Menahan profit besar agar pelanggan tetap setia dan anda dapat membayar kewajiban pokok adalah yang terpenting untuk saat ini. contoh memberikan gratis ongkos kirim, potongan harga atau diskon maupuan kupon atau gift card sebagai nilai tambahan.
  • Memaksimalkan strategi digital marketing.
  • Membuat branding dan promosi melalui platform digital marketing. anda juga harus mulai aktif membangun brand lewat sosial media marketing maupun search engine marketing.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline