Lihat ke Halaman Asli

Rakyat Miskin Harus Tetap Ada

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Rakyat adalah salah satu bagian dari sebuah negara yang hidup dan menjalankan aktifitas di negara tersebut. Rakyat terbagi kedalam tiga bagian yaitu kelas bawah, menengah dan kelas atas yang dimana masing-masing berbeda profesi, penghasilan serta tempat tinggal. Kelas bawah menjadi salah satu kendala bagi setiap negara, karena memiliki berbagai keterbatasan ekonomi yang menyebabkan kemajuan suatu negara menjadi terhambat.

Pemerintah telah berupaya keras untuk memberantas kemiskinan di Negara Indonesia ini, pemimpin negara silih berganti memberikan janji untuk menuntaskan kemiskinan namun belum tercapai sampai saat ini. Dibalik keterbatasan yang dimiliki terdapat kelebihan yang hanya mampu dilakukan oleh rakyat miskin. Rakyat miskin memiliki profesi yang memungkinkan kemajuan negara seperti profesi pemulung yang membantu kebersihan suatu negara, profesi TKI(Tenaga Kerja Indonesia) yang disebut-sebut sebagai pahlawan devisa, profesi kuli bangunan yang mendirikan bangunan diseluruh kota, profesi pembantu rumah tangga yang dapat membantu sebuah keluarga, profesi petani yang membantu indrustri pertanian dan lain-lain. Profesi yang dimiliki rakyat miskin berperan penting dalam kemajuan sebuah negara karena jika tidak ada mereka sebuah negara mungkin akan hancur.

Rakyat miskin memiliki keterbatasan ekonomi yang menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan hidup seperti pendidikan, kesehatan, tempat tinggal dan lain-lain. Hak rakyat miskin harus dipenuhi oleh sebuah negara, namun tidak harus meniadakan profesi rakyat miskin tersebut. Rakyat miskin patut diberikan haknya dalam dunia pendidikan karena harga sebuah pendidikan dewasa ini cukup mahal. Kesehatan rakyat miskinpun harus diperhatikan karena mereka pada umumnya tidak mampu berobat ke rumah sakit. Tempat tinggal menjadi hal poko bagi setiap manusia, rakyat miskin pada umumnya memiliki tempat tinggal yang sederhana yang kurang enak dipandang, pemeintah diharapkan memberikan tempat tinggal yang layak bagi mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline