Lihat ke Halaman Asli

Rahma Karenissa Basugi

Mahasiswa Akuntansi

Melalui Sekolah Alam, KKN 93 UNEJ Mengenalkan Pentingnya Penerapan PHBS serta Upaya Tanggap Bencana di SD Negeri 1 Jampit, Bondowoso

Diperbarui: 31 Juli 2024   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN 93 UMD UNEJ (Dokpri)

Bondowoso, 26 Juli 2024. Dalam rangka menanamkan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Upaya Tanggap Bencana melalui Sekolah Alam sejak dini, beberapa mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 93 dari Universitas Jember, melaksanakan sosialisasi di SD Negeri 1 Jampit yang terletak di Dusun Krepekan, Desa Jampit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Kelompok KKN 93 UNEJ yang beranggotakan 9 orang dan dibawah bimbingan Fahmi Ramadhan Firdaus S.H, M.H, melaksanakan sosialisasi dalam rangka program kerja KKN. Dalam sosialisasi tersebut siswa diajarkan tentang PHBS seperti bagaimana menggosok dan merawat gigi, serta cara mencuci tangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan dan memberikan edukasi kepada siswa tentang bagaimana menggosok gigi dan mencuci tangan dengan benar. Hal ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh KKN 93 UNEJ untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terlebih untuk anak-anak SD. Karena pengenalan perilaku hidup sehat dan bersih harus dimulai sejak dini.

Selain mensosialisasikan PHBS, KKN 93 UNEJ juga mengenalkan Upaya Tanggap Bencana melalui Sekolah Alam kepada siswa SD Negeri 1 Jampit. Upaya Tanggap Bencana yang dipaparkan berupa pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi sebuah bencana, seperti Gempa Bumi, Banjir dan Tanah Longsor. Materi yang disampaikan memiliki korelasi dengan lingkungan sekitar karena di daerah Dusun Krepekan sering terjadi Gempa Bumi, Banjir dan Tanah Longsor. Sosialisasi ini lalu dikolaborasikan dengan Sekolah Alam, yang dimana siswa diajak untuk mengenal lingkungan sekitar berupa perkebunan kopi dan mengajak siswa untuk memahami rambu-rambu bencana di sekitar lingkungan Dusun krepekan. Upaya ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang hal-hal yang harus dilakukan ketika sebuah bencana terjadi, karena keselamatan diri sendiri merupakan sebuah prioritas utama. Pengenalan lingkungan sekitar juga berguna untuk siswa agar dapat memahami apa saja yang terdapat disekitar tempat mereka tinggal. Selain itu memahami rambu-rambu bencana dapat membantu ketika terjadi sebuah bencana alam.

Adapun Kepala Sekolah SD Negeri 1 Jampit Diana Eka Maria menerima dengan baik upaya sosiasalisasi dan menyampaikan rasa terima kasih kepada KKN 93 UNEJ yang sudah berkenan hadir dan melaksanakan sosialisasi PHBS serta Upaya Tanggap Bencana, dalam rangka mengedukasi akan pentingnya budaya hidup sehat dan tanggap bencana.

"Saya dan seluruh guru di SD Negeri 1 Jampit sangat berterima kasih kepada mbak dan mas KKN 93, karena sudah melakukan sosialisasi terkait hidup sehat dan tanggap bencana melalui sekolah alam. Hal ini sangat baik untuk mengedukasi para siswa disini agar bisa memulai hidup sehat dan bisa tahu apa aja yang dilakukan jika tiba-tiba terjadi sebuah bencana alam," ujar Kepala Sekolah SDN 1 Jampit Diana Eka Maria.

KKN 93 UMD UNEJ (Dokpri)

Penulis: Arty Adelia Kiranti dan Randy Setiawan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline