Lihat ke Halaman Asli

Posisi Pancasila di Antara Ideologi Dunia

Diperbarui: 20 Juni 2019   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara utama bagi Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata dari Sanskerta: panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila adalah pedoman hidup bagi kehidupan berbangsa dan bernegara bagi setiap warga negara Indonesia. Oleh sebab itu Pancasila telah memegang peranan penting sebagai fondasi yang kuat dalam menjalankan pemerintahan Indonesia. 

Dari seluruh sila-sila dalam Pancasila, tentu Pancasila memiliki posisi sendiri dari ideologi-ideologi lain di dunia. Negara Indonesia merupakan negara demokrasi, yang berarti Indonesia mengarah ke Liberalisme dalam hal ini. Liberalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan kebebasan individu. Hak setiap individu dilindungi dan diakui dalam liberalisme. Dalam negara demokrasi, tentu mementingkan suara rakyat dan memberikan kebebasan dalam setiap aspek kehidupan, seperti kebebasan dalam hak memberi suara untuk pemilu.

Selain Liberalisme, Pancasila juga mengarah ke ideologi sosialisme dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Sosialisme merupakan ideologi yang menekankan keberadaan kelompok. Sosialisme mengutamakan paham pertemanan atau persahabatan dan bertentangan dengan individualisme. Warga Indonesia masih menekankan kepentingan sosial daripada individualis. Sosialisme juga merupakan bentuk perlawanan terhadap konsep kepemilikan privat atas alat-alat produksi para pekerja, mengambil alih kepemilikan alat-alat produksi yang kemudian akan digunakan oleh pemerintah (sebagai representasi dari kaum pekerja) untuk memenuhi kebutuhan sosial secara merata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline