Lihat ke Halaman Asli

Pelestarian Permainan Tradisional dan Pembinaan Nilai Karakter

Diperbarui: 14 Agustus 2022   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

DEMAK (26/7/2022) -- KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022 dari tanggal 5 Juli 2022 hingga 18 Agustus 2022. KKN TIM II akan dilaksanakan di area khusus yang dipusatkan di sekitar Area RW 03, Desa Bintoro, Kabupaten Demak. Pelaksanaan program kerja KKN TIM II berpedoman pada SDGs atau poin-poin pembangunan berkelanjutan di bidang keilmuan masing-masing mahasiswa. 

 Program kerja yang dilakukan oleh Karen Cristiana Eka Dewi, mahasiswa Jurusan  Sejarah Universitas Diponegoro, berfokus pada bidang ilmu sejarah dan SDG poin 4 dengan sasaran Khusus kelas 5. Tema yang diangkat adalah "Pembinaan tentang pentingnya menanamkan nilai karakter pada anak-anak dari permainan tradisional Jawa  melalui pendekatan sejarah". 

 Program kerja ini mempertimbangkan fakta bahwa di era globalisasi saat ini, banyaknya permainan online yang tersedia secara gratis membuat permainan tradisional secara bertahap mulai dilupakan, terutama pada generasi sekarang yang dipilih. Program ini dilatarbelakangi oleh perubahan kondisi lingkungan dari pembelajaran online ke pembelajaran offline, yang berdampak pada perkembangan kepribadian dan pengetahuan anak. Pembelajaran online yang berlangsung tanpa tatap muka cenderung membawa anak  memiliki sikap yang cenderung menang sendiri, cuek dan sulit untuk bergaul, berangkat dari keresahan inilah program kerja ini dipilih.

dokpri

dokpri

Pelaksanaan kegiatan diadakan  secara tatap muka dengan tujuan tercapainya nilai-nilai karakter seperti  nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai tanggung jawab dari permainan Dhakon atau nilai gotong royong, nilai kerjasama, nilai kejujuran, dan nilai religius dari permainan Gobak Sodor. Media pembelajaran yang digunakan berupa leaflet yang berisi materi penjelasan secara singkat sejarah permainan tradisional, aturan main, dan keunggulan permainan tradisional. 

Dengan adanya pembelajaran ini berharap dapat memberikan solusi pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif yang menjadikan kegiatan belajar mengajar anak lebih informatif dan menarik. Hal ini memudahkan anak untuk mengembangkan nilai-nilai karakter dan belajar tentang sejarah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline