Lihat ke Halaman Asli

Karen Wulandari

Mahasiswa IAIDU Asahan-Kisaran

Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Badan Dengan Bahan Alami

Diperbarui: 21 Desember 2023   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Badan Dengan Bahan Alami

Kita sebagai makhluk sosial yang banyak berinteraksi dengan sesamanya, tentunya tidak percaya diri dong jika badan kita bau ? bukan begitu. Jika badan kita bau, orang-orang di sekitar kita tentu tidak ingin dan tidak nyaman jika dekat dengan kita. Nah, maka dari itu kita harus menjaga badan kita untuk tetap bersih dan wangi. Walaupun tidak harus selalu wangi setiap saat, minimal tidak bau badan berlebihan aja deh! Pasti orang nyaman dekat dengan kita.

Oh ya, beberapa pendapat mengatakan loh tentang bau badan disebabkan oleh apa. Contohnya seperti Wijayakusuma (2008) mengatakan bahwa bau badan itu terjadi karena kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan tubuhnya dan adanya bakteri yang menguraikan keringat menjadi zat yang berbau tidak sedap. Bau badan juga dipengaruhi oleh hormon dan makanan yang dikonsumsi setiap orang.

Lalu, mengapa makanan dikaitkan dengan bau badan? Nah, makanan yang anda makan tersebut dapat mempengaruhi bau badan anda. Karena makanan penyebab bau badan itu dapat memperkuat bau badan anda saat berkeringat. Maka dari itu, anda harus mengontrol makanan anda untuk mencegah bau badan.

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat menyebabkan bau badan :

  • Bawang Putih

Bumbu memasak yang terdapat disetiap seluruh makan ini dikatakan dapat menyebabkan bau badan. Karena bawang putih memiliki zat yang disebut dengan allicilin. Zat allicilin ini menurut ilmiah sangat bagus, tetapi dapat menyeabkan bau mulut dan bau badan.

  • Bawang Bombay

Tidak lain dengan bawang putih, bumbu dapur bawang bombay juga menyebabkan bau dikarenakan saat badan anda mengkonsumsi bawang, tubuh anda memproduksi senyawa yang menyerupai sulfur. Dimana hal tersebut yang menyebabkan badan anda memiliki aroma yang tidak sedap.

  • Daging Merah

Walaupun, daging merupakan makanan yang enak dan termasuk kedalam menu makanan 4 sehat 5 sempurna, daging termasuk makanan yang menyebabkan bau badan. Hal ini dikarenakan asama amino pada daging merah meninggalkan recidu (ampas) dalam usus anda selama proses pencernaan. Lalu, enzim usus itu memecah dan bercampur dengan bakteri di kulit sehingga menyebabkan badan anda memiliki aroma tidak sedap.

  • Sayuran kelompok cruciferous

Sayuran yang termasuk cruciferious adalah brokoli, kubis, dan kol. Nah, jenis sayuran cruciferious ini mengandung sulfur yang diserap oleh tubuh dan dikeluarkan dengan bentuk keringat sehingga mempengaruhi bau badan anda.

Nah, semua makanan yang dapat menyebabkan bau badan tersebut dapat diatasi dengan bahan alami berikut yaitu dengan modal bahan kapur makan dan jeruk nipis.

Berikut cara membuatnya :

  • Step pertama, siapkan kapur makan setengah bungkus saja, kemudian letak pada wadah seperti piring atau mangkok kecil.
  • Step kedua, iris jeruk nipis menjadi beberapa bagian
  • Step ketiga, peras jeruk nipis kedalam wadah yang berisi kapur makan tersebut.
  • Step berikutnya, aduk hingga merata
  • Lalu, oleskan campuran jeruk nipis itu pada ketiak anda
  • Kemudian, tunggu hingga kering
  • Jika sudah kering, lalu bilas menggunakan air bersih biasa.
  • Lakukan cara itu dengan rutin sebelum mandi maka bau badan kamu akan berkurang

Semoga bermanfaat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline