Fachmi Satriyo Yogaswara / 1204120254
Dewasa ini kemajuan teknologi sangat membantu kehidupan manusia, karena itu teknologi tidak dapat dipisahkan pada kehidupan manusia. Perkembangan teknologi terbesar dalam sejarah hidup manusia salah satunya adalah internet. Hal ini dapat dibuktikan dengan aktifnya masyarakat Indonesia menggunakan internet.
Dibaliknya pesatnya perkembangan pengguna internet, terdapat suatu fakta tentang alasan terbesar mengapa masyarakat Indonesia menggunakan internet.
Menurut data yang ada, alasan terbesar penggunaan internet di Indonesia adalah karena ingin menggunakan jejaring sosial (Social Media) dengan presentase 87.4%, kedua adalah mencari informasi dengan presentase 68.7%, dan yang ketiga merupakan instant messaging dengan presentase 59.9%. Dan dengan presentase 11% masyarakat Indonesia telah melakukan jual beli online.
Banyaknya pengguna Social Media menciptakan peluang pemasaran tersendiri bagi pelaku bisnis untuk melakukan perluasan pemasaran dan promosi produk. Salah satunya melalui jejaring sosial twitter. Twitter merupakan sosial media dengan pengguna terbanyak nomor dua terpopuler di Indonesia di bawah dari Facebook yang masih memiliki pengguna terbanyak di Indonesia. Twitter merupakan website micro-blogging yang di kelola oleh Twitter Inc. Twitter memberikan fasilitas untuk memberikan informasi tidak lebih dari 140 karakter. Selain itu terdapat fasilitas retweet untuk membalas maupun memposting ulang informasi orang lain. Untuk komunikasi antar pribadi twitter juga memberikan fasilitas direct message.
Salah satu strategi yang dapat dilakukan melalui media twitter adalah buzz marketing. Buzz Marketing merupakan salah satu teknik dari Word of Mouth, teknik ini adalah dengan cara membuat gosip yang sengaja disebarkan oleh suatu produk dan orang yang bersangkutan itu meneruskan kepada orang lain secara berantai, demikian seterusnya baik vertikal maupun horizontal menyebabkan komunikasi berantai untuk meningkatkan awareness maupun penjualan produk (Hasan, 2010:36).
Teknik word of mouth mengarahkan orang untuk berbicara satu sama lain tentang suatu produk atau jasa yang semakin berkembang saat ini. Word of mouth marketing merupakan upaya untuk memberikan alasan agar orang berbicara tentang merk, produk maupun jasa dan membuat berlangsungnya pembicaraan itu menjadi lebih mudah.
Implementasi buzz marketing ini digunakan oleh perusahaan kuliner Warunk Upnormal yang saat ini cukup terkenal di Bandung. Salah satunya terlihat pada pembukaan cabang baru di Istana Plaza, warunk upnormal memberikan gratis 1000 mangkuk indomie, 100 roti bakar, 100 dessert gratis bagi yang memfollow, meretweet, dan regram informasi yang terdapat dalam twitter dan instagram @warunk_upnormal.
Dengan buzz marketing melalui media twitter akan membuat calon konsumen mendapatkan informasi dan rekomendasi mengenai Warunk Upnormal dari teman, sahabat, saudara, keluarga serta review dari konsumen Warunk Upnormal yang memberikan mention kepada @warunk_upnormal melalui twitter. Hal ini membuat calon konsumen tertarik dan penasaran untuk mencoba menu dan fasilitas yang ditawarkan oleh Warunk Upnormal.
Melalui Twitter Warunk Upnormal melakukan marketing sekaligus tindakan membina hubungan dengan konsumen serta membentuk citra perusahaan. Di perusahaan ini fungsi Public Relations digabungkan dengan kegiatan marketing. Melakukan marketing melalui twitter tentunya merupakan langkah yang tepat. Terbukti dengan Warunk Upnormal yang telah menjadi hits di kalangan masyarakat Bandung. Twitter Warunk Upnormal dapat menjangkau 117,434 akun perharinya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H