Lihat ke Halaman Asli

Kanya Anindita

Content Writer

6 Tips Mengelola Bisnis Ritel di Beberapa Lokasi

Diperbarui: 7 Agustus 2018   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

6 Tips Mengelola Bisnis Ritel di Beberapa Lokasi (articleboard.info)

Seiring dengan berkembang pesatnya toko ritel Anda disertai dengan meningkatnya permintaan pelanggan, Anda tentu mempertimbangkan untuk membuka cabang di beberapa lokasi lain. Ini merupakan langkah yang bagus, sebab Anda memiliki kesempatan yang besar untuk menjangkau lebih banyak prospek dan membuat bisnis ritel Anda menjadi lebih besar.

Akan tetapi, mengelola banyak toko tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa strategi yang perlu dilakukan supaya Anda tidak mengalami kerugian ketika mengelola toko di lokasi yang berjauhan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Buat prosedur yang berlaku di seluruh lokasi

Anda tidak mungkin hadir secara langsung untuk memantau setiap toko Anda di waktu yang sama. Tetapi, Anda harus bisa memastikan bahwa seluruh aktivitas toko ritel Anda berjalan lancar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat prosedur operasional.

Kebijakan yang Anda buat harus diberlakukan di setiap toko, mulai dari jam kerja karyawan, cara berkomunikasi dengan pelanggan, cara menangani komplain, penentuan diskon, hingga pengembalian barang. Pastikan bahwa pengalaman bagus yang didapatkan pelanggan di satu toko harus sama baiknya di seluruhnya lokasi Anda.

2. Pekerjakan staf yang andal dan profesional

Anda tentu harus memiliki orang-orang terpercaya yang dapat mewakili Anda untuk mengelola toko ritel Anda. Pastikan bahwa Anda mempekerjakan karyawan yang kompeten dan dapat bekerja secara profesional. Pelatihan secara berkala perlu untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan karyawan Anda, terutama untuk mereka yang berhadapan langsung dengan pelanggan setiap hari.

Tanamkan visi dan misi bisnis Anda pada diri karyawan Anda sehingga mereka dapat bekerja untuk memenuhi ekspektasi bisnis ritel Anda. Agar karyawan Anda dapat terus menunjukkan kinerja yang baik, Anda juga perlu memperhatikan kesejahteraan mereka. Pastikan bahwa mereka selalu menerima gaji, bonus, dan tunjangan pada waktu yang sama. Ini dapat dengan mudah dilakukan jika Anda menggunakan sistem manajemen HR untuk karyawan ritel.

3. Bangun komunikasi antar-tim yang kuat

Kunci sukses mengelola toko di beberapa lokasi adalah komunikasi antar-tim yang baik. Mudahkan seluruh tim Anda untuk dapat saling berkoordinasi satu sama lain meskipun mereka berada di lokasi yang berjauhan. Manfaatkan penggunaan teknologi seperti ERP berbasis Cloud yang mengizinkan tim untuk dapatmengelola dokumen yang sama dalam satu sistem. Setiap tim dapat mengakses data apapun secara real time tanpa harus mengganggu pekerjaan tim lain.

4. Simpan data penjualan di satu tempat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline