Pembelajaran Berdifrensiasi
Oleh : Kanto Suwito
"Serupa seperti para pengukir yang memiliki pengetahuan mendalam tentang keadaan kayu, jenis-jenisnya, keindahan ukiran, dan cara-cara mengukirnya. Seperti itulah seorang guru seharusnya memiliki pengetahuan mendalam tentang seni mendidik, Bedanya, Guru mengukir manusia yang memiliki hidup lahir dan batin."
(Ki Hajar Dewantara)
Karakteristik yang unik pada diri setiap siswa akan membawa sebuah kesitimewaan yang sangat berharga, setiap siswa memilki karakerteristik yang berdeba dan tidak dapat diperlakukan sama antara satu dengan lainnya, mereka seharusnya merdeka dalam belajarnya untuk dilibatkan dalam mengeksplorasi pendidikan untuk mencapai tujuan hidupnya dimasa depan.
Seorang guru sebagai pendidik yang memilki peran penting dalam pembelejaran yang berpihak pada siswa harus mampu mendorong dan memikirkan tindakan yang bermakna untuk memperlakukan siswa sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal ini seorang guru bukan memperlakukan siswa yang berbeda berdasarkan siswa yang cerdas dan tidak cerdas, namun mampu mengakomodir perbedaan yang dimilki setiap siswa dan memperlaukannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswanya.
Mengambil posisi kontrol sebagai seorang manager yang dapat memahami kebutuhan siswa dengan baik, serta dapat megidentifikasi kelebihan dan kekurangan setiap individu yang dimiliki oleh siswa, dan menemukan strategi, media pembelajaran yang sesuai dengan profil belajar dan menentukan tujuan belajar dengan jelas antara siswa dan guru, inilah makna dari pembelajaran berdiferensiasi.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah cara dalam pembelajaran yang sangat berpihak kepada siswa. Sebelum melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, seorang guru harus sudah melaksakanan pemetaan.
Pembelajaran berdifrensiasi memilki tujuan yang mendasar, yakni bagaimana memanusiakan siswa dengan semua kebutuhan belajarnya. Tanpa harus memaksakan untuk belajar yang tidak sesuai dengan kebutuhan karakterisktik siwa.
Karakterstik dari Pembelajaran Berdiferensiasi :
Lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar.